x

Pantai Watu Kenong

Iklan

KKN UMD UNEJ SDGs Kelompok 162

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Juli 2023

Senin, 7 Agustus 2023 16:09 WIB

Biopori, Solusi Limbah Organik Pantai Ala Mahasiswa KKN Unej

Implementasi Biopori Sebagai Solusi Limbah Organik Pantai Ala KKN UMD UNEJ Kelompok 162

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu kegiatan civitas akademik khususnya mahasiswa dalam bentuk pembelajaran bersama di lingkungan masyarakat. Universitas Jember sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia yang menerjunkan mahasiswanya ke berbagai wilayah pedesaan untuk melaksanakan kegiatan KKN Universitas Membangun Desa Periode II Tahun Ajaran 2022/2023. Salah satu kelompok yang melaksanakan kegiatan KKN yaitu Kelompok KKN UMD UNEJ 162 yang diterjunkan ke Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Kelompok ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, yaitu Bapak dr. Yudha Nurdian, M.Kes. Adapun anggota kelompok KKN 162 yaitu sebagai berikut :

- Sufyan Tsauri Muhammad selaku Koordinator Desa

- Ryan Rachmattan selaku Wakil Koordinator Desa

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

- Devika Rosita Fitriani selaku Bendahara

- Putri Rifianita Aprillia selaku Sekretaris

- Mohammad Ashabul Yamin, Rozinah Kaltsum Faudiah, dan Lia Azizah selaku Sie Humas

- Ayihwa Lianji Mega, Tengku Anindhita Alifia Lazuardi, dan Faruq Abdul Hakim selaku Sie Publikasi Dekorasi dan Dokumentasi

- Muhammad Hanif Ar Rabbani dan Nafila Nurul Laili selaku Perkap

 

Pantai Watu Kenong merupakan salah satu lokasi yang indah dan menakjubkan baik bagi wisatawan local ataupun mancanegara untuk berekreasi. Pantai yang memiliki dataran luas yang dikelilingi ombak dan pemandangan yang memanjakan mata. Banyak orang yang datang ke pantai ini hanya untuk menikmati wisata alam yang indah dan juga biasanya banyak dimanfaatkan untuk berfoto ria dengan teman, keluarga ataupun orang tersayang. Spot foto yang ditawarkan di Pantai Watu Kenong sangat beragam. Bagi keluarga yang ingin berlibur ke Pantai Watu Kenong, ada spot khusus untuk bermain anak yaitu taman bermain. Menurut sebagian orang yang menikmati pantai, pasti akan terasa tenang yang ditambah dengan suara deburan ombak yang membuat hati sejuk.

Pada hari Jumat, 25 Juli 2023, Kelompok KKN 162 dari Universitas Jember yang berlokasi di Desa Pasir Putih melakukan kegiatan survei di Pantai Watu Kenong. Kegiatan survei ini bertujuan untuk memahami kondisi dan permasalahan yang ada di lokasi tersebut. Adapun hasil yang diharapkan dari survei ini yaitu untuk memberikan beberapa saran atau solusi yang mungkin dapat diterapkan agar jumlah pengunjung dapat meningkat.

 

Keesokan harinya tepatnya pada hari Sabtu, 26 Juli 2023, Kelompok KKN 162 menghadiri undangan ngopi bareng Bapak Kepala Desa dan beberapa perangkat desa. Dalam pertemuan ini, kami berdiskusi terkait apa yang harus dikembangan di Pantai Watu Kenong dan mengusulkan beberapa ide dari hasil survei yang dilakukan pada hari Jumat untuk memajukan wisata Pantai Watu Kenong. Salah satu ide dari mahasiswa KKN yaitu penggunaan Biopori untuk mengatasi permasalahan sampah organik dan limbah rumah tangga di Pantai Watu Kenong. Biopori merupakan lubang buatan yang dipasang secara vertikal terhadap tanah yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan air serta pengolahan limbah organik menjadi kompos.

Bapak Kepala Desa dan beberapa perangkat desa pun menyetujui saran atau solusi yang Kelompok KKN 162 berikan. Hasil diskusi yang didapatkan yaitu kurangnya penerangan, papan pemberitahuan arah parkir, dan papan tanda peringatan. Solusi yang diputuskan yaitu menambah penerangan dengan lampu – lampu LED sekaligus untuk mempercantik dekorasi di pantai Watu Kenong. Selain itu, ditambahkan papan pemberitahuan dan papan larangan guna untuk memilimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

 

#KKNUNEJ #LP2MUNEJ #UNEJ

Ikuti tulisan menarik KKN UMD UNEJ SDGs Kelompok 162 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu