x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika mengisi kuliah Umum mahasiswa Guangxi medical University China

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Sabtu, 12 Agustus 2023 10:32 WIB

Apakah Minum Soda Bisa Melancarkan Haid Pada Wanita?

Apakah Minum Soda Bisa Melancarkan Haid Pada Wanita?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Haid atau biasa disebut dengan menstruasi merupakan siklus rutin setiap bulan sekali yang dialami oleh para wanita dimana pada alat reproduksi wanita keluar darah. Darah yang keluar itu sendiri merupakan darah kotor pada wanita. Haid atau menstruasi pada setiap wanita beraneka ragam, ada yang mengalami menstruasi nyeri biasa saja tetapi juga ada wanita yang mengalami menstruasi nyeri sekali hingga pingsan.

            Banyak mitos yang berkembang dikalangan masyarakat tentang cara memperlencar menstruasi wanita. Banyak yang menggunakan dengan cara medis hingga cara alternatif. Terkadang banyak juga wanita yang ikut tersesat oleh pemikiran yang salah.

            Dalah satu mitos yang berkembang dimasyarakat bahwa minum minuman soda bisa memperlancar haid atau menstruasi seorang wanita. Apakah anggapan itu benar ataukah anggapan salah? Bahkan info yang berkembang dengan minum Soda maka akan membuat darah menstruasi menjadi mengalir deras.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Padahal anggapan itu adalah sangatlah salah besar. Minuman Soda bahkan justru bisa menyebabkan kondisi penyempitan pembuluh darah, akibatnya perut akan terasa kram bahkan kembung sehingga bisa memicu sakit kepala.

            Bahkan minuman Soda memiliki banyak efek samping untuk kesehatan apabila dikonsumsi. Menurut Ahli nutrisi mengatakan bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Banyak dari minuman bersoda mengandung fosfor yang meningkatkan ekskresi kalsium dari urine. Selain itu, kafein dalam minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan kalsium dan menyebabkan pengeroposan tulang jika sering diminum.

            Didalam kandungan minuman Soda juga terdapat tinggi gula dimana apabila dikonsumsi secara rutin bisa merusak kesehatan gigi. Efek samping bagi kesehatan gigi adalah membuat gigi mudah untuk berlubang atau istilah medisnya adalah terjadi Cariest Dentist. Anatomi yang akan rusak pada gigi akibat minum Soda adalah bagian enamel pada gigi.

            Meskipun minuman Soda memiliki banyak kerugian dan bahaya untuk tubuh tetapi ternyata minuman Soda juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Dari Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman berkarbonasi dapat membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan pencernaan. Selain itu, minuman berkarbonasi juga dapat membantu mengatasi sembelit.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa ada tips yang baik untuk memperlancar Haids atau menstruasi secara aman dan tidak merugikan kesehatan. Tips untuk melancarkan Haids atau menstruasi antara lain : Melakukan olahraga secara rutin, menjaga berat badan supaya tetap ideal, menghindari memakai celana yang ketat, mengkonsumsi vitamin B dan vitamin D dan menjalani gaya hidup sehat. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu