x

Media Promosi Di Sosial Media Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran

Iklan

Ida Bagus Indra Dewangkara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Jumat, 18 Agustus 2023 10:30 WIB

Bagaimana Kondisi Literasi Digital di Indonesia?

Mengetahui bersama indeks literasi digital di Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di tahun 2022, literasi digital di Indonesia telah mengalami perkembangan yang positif. Masyarakat semakin terampil dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk berbagai keperluan.

Salah satu penilaian penting dari perubahan ini dapat dilihat pada Indeks Literasi Digital Indonesia yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo pada tahun 2022. Melalui laporan tersebut indeks literasi digital Indonesia mendapatkan capaian angka 3,54 (kategori sedang) dari skala 1 hingga 5.

Perlu diketahui, bahwa Indeks literasi digital dihitung menggunakan empat aspek indikator utama, yakni: Kemampuan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Peningkatan ini tentu memberikan sejumlah implikasi positif. Pertama-tama, literasi digital yang lebih baik berarti masyarakat memiliki akses dan kemampuan untuk mengakses berbagai informasi dan layanan melalui platform digital.

Di tengah pandemi COVID-19, keterampilan literasi digital menjadi semakin penting, dengan banyak orang bergantung pada teknologi digital untuk bekerja, belajar, berkomunikasi, dan bahkan mendapatkan layanan kesehatan.

Masyarakat yang terampil dalam menggunakan teknologi digital cenderung lebih siap untuk mengambil peluang di era digital, seperti berwirausaha online atau berpartisipasi dalam ekonomi digital yang berkembang pesat.

Ini dapat berdampak positif pada peningkatan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Namun, sementara ada kemajuan yang jelas, perlu diingat bahwa literasi digital adalah perjalanan berkelanjutan. Meskipun angka indeks literasi digital telah meningkat, masih ada tantangan dan ruang untuk perbaikan lebih lanjut.

Jadi, kesimpulan yang dapat saya sampaikan bahwa data terbaru saat ini menunjukkan perkembangan literasi digital di Indonesia mengarah positif.

Namun, upaya untuk meningkatkan literasi digital harus terus dilakukan untuk mengatasi tantangan yang masih ada dan memastikan bahwa masyarakat benar-benar siap untuk menghadapi dunia digital yang terus berkembang.

Ikuti tulisan menarik Ida Bagus Indra Dewangkara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu