x

Kasi Tikkim Imigrasi Baubau, Indra Kusuma Atmaja saat menghadiri seminar perpustakaan direktorat jendral imigrasi di Jakarta

Iklan

Indra Kusuma Atmaja

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2023

Kamis, 24 Agustus 2023 08:34 WIB

Imigrasi Baubau Hadiri Seminar Soal Tingkatkan Manfaat Perpustakaan

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Indra Kusuma Atmaja mengikuti Kegiatan Seminar Pemanfaatan Perpustakaan Dalam Mendukung Pembuatan Karya Ilmiah Populer yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jakarta, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Indra Kusuma Atmaja mengikuti Kegiatan Seminar Pemanfaatan Perpustakaan Dalam Mendukung Pembuatan Karya Ilmiah Populer yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi di Ayana Midplaza Hotel  Jakarta (23/08/2023).

 

Kegiatan dibuka dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Ketua panitia yaitu Kepala Subbagian Rumah Tangga Direktorat Jenderal Imigrasi, Ibu Indra Iswanti.  “Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan Perpustakaan Direktorat Jenderal Imigrasi yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku tulisan karya ilmiah dan literasi bagi ASN Imigrasi dan juga sebagai Wadah karya ilmiah”, ujar Indra Isnawati. Pentingnya peran perpustakaan dapat meningkatkan pengetahuan dan membudayakan literasi pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi yang pada kesempatan ini diwakili oleh Plt Kepala Bagian Umum Yuni santi nurani. “Perpustakaan khusus Direktorat Jenderal Imigrasi ini memiliki peran sebagai sumber literasi untuk penelitian, analisis dan pengetahuan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian, bahan pembuatan kebijakan dan juga peningkatan kapasitas pegawai,” sambut Yuni. Selain itu Yuni berharap kepada peserta untuk dapat memanfaatkan kegiatan sebagai sarana belajar, bertukar pikiran dan menyerap ilmu dari berbagai sumber yang akan menyampaikan materinya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Fipit Fatimah Pustakawan Ahli Muda.Fipit menjelaskan bahwa Perpustakaan Direktorat Jenderal Imigrasi juga memanfaatkan sarana berbasis digital dalam bentuk aplikasi Epusimigrasi, JDIH, SLIMS dan Repository. Dalam rangkaian acara selanjutnya, Staff Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi Kementerian Hukum dan HAM Asep Kurnia yang turut hadir memberikan seminar dan Insight karya ilmiah. Beliau menyampaikan betapa pentingnya seorang ASN Imigrasi untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada sebagai peningkatan kapasitas diri. Selain itu beliau berharap kepada seluruh pegawai yang memiliki minat menulis agar menuangkan ide-ide ke dalam tulisan sehingga dapat menghasilkan karya yang nantinya dapat menjadi literasi dan bermanfaat bagi Instansi. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan peluncurkan dan launching Komunitas Imigrasi Menulis oleh Asep Kurnia.

 

Acara yang diikuti oleh 216 orang peserta yang terdiri dari pejabat dan pegawai Kantor Imigrasi dan Rudenim seluruh Indonesia dan juga taruna/taruni poltekim ini berlangsung pada hari Rabu 23 Agustus 2023 dan akan berakhir pada hari Jumat 25 Agustus 2023.

Ikuti tulisan menarik Indra Kusuma Atmaja lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu