x

Iklan

zara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 September 2023

Selasa, 5 September 2023 18:55 WIB

Menumbuhkan Bakat Desain Grafis: Program PMM Mahasiswa UMM ajari Anak Kelas 3 SD Citra Bunda Software Canva


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era di mana kreativitas berpadu dengan teknologi, muncul kisah inspiratif tentang perjalanan cemerlang sekelompok anak muda yang berhasil mengukir prestasi yang luar biasa. Anak-anak muda ini adalah siswa-siswi dari SD Citra Bunda Batu, dan pencapaian mengesankan yang mereka raih menjadi mungkin berkat sokongan hangat dari Program Pengabdian kepada Masyarakat (PMM) yang digagas oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

Salah satu dari para siswa yang lebih dikenal sebagai para siswa atau para siswi mampu menonjol di antara rekan-rekannya. Di samping itu, ada juga seorang teman yang akrab disapa dengan panggilan Ibay yang berhasil menampilkan potensi diri saat menghadapi kuis yang diberikan oleh para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Inisiatif Program Pengabdian kepada Masyarakat (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang memiliki tujuan utama untuk memberikan dampak konkret pada lingkungan sekitar melalui partisipasi langsung. Grup ke-66 dari gelombang kelima program PMM tahun 2023 memutuskan untuk mengadopsi program ini dan mengubah pandangan hidup para siswa dan siswi di SD Citra Bunda, yang terletak di Kota Batu, Kecamatan Batu. Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang merancang program pendidikan yang tidak hanya mengajarkan dasar-dasar desain grafis, tetapi juga menggalakkan ekspresi kreatif para anak-anak untuk bersinar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu aspek yang sangat menonjol dari program ini adalah penerapan aplikasi Canva. Di tengah era digital, Canva telah menjadi platform yang sangat berguna dalam menciptakan desain visual yang menarik dan profesional. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, para anak memiliki keleluasaan dalam merancang berbagai jenis gambar, termasuk poster berwarna-warni dan spanduk dengan elemen gambar yang unik.

Cerita para siswa dan siswi ini dimulai. Dengan semangat yang berkobar, mereka belajar tentang prinsip-prinsip desain, memilih kombinasi warna yang tepat, serta mengatur elemen-elemen visual dengan cermat. Di bawah bimbingan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang yang penuh antusiasme, para anak belajar untuk berimajinasi dan menciptakan karya digital yang istimewa. 

Mereka berhasil menghasilkan karya-karya yang mencerminkan bakat dan imajinasi mereka. Lebih dari sekadar karya visual yang khas, karya-karya ini juga menjadi bukti bahwa orang tua perlu memberikan ruang bagi kreativitas anak-anak untuk menghasilkan seni yang luar biasa.
Para siswa dan siswi ini tidak hanya belajar tentang desain grafis, tetapi juga tentang pentingnya kerja tim, ketekunan, serta kegembiraan dalam berkarya. Mereka menjalani transformasi yang membantu mereka mengatasi berbagai tantangan dan membangun rasa percaya diri. Melalui pelaksanaan PMM yang dilaksanakan dengan penuh semangat, Universitas Muhammadiyah Malang menjadi contoh yang baik dalam perjalanan para siswa dan siswi ini.

Dari artikel ini mengingatkan kita akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh generasi muda. Dengan panduan yang tepat dan lingkungan yang mendukung, para anak mampu meraih impian mereka dan memberikan dampak positif pada masyarakat. Setiap langkah kecil yang diambil oleh para siswa dan siswi ini merupakan tonggak prestasi yang memberikan inspirasi kepada kita semua untuk mendukung perkembangan anak-anak di era digital ini.

 

Ikuti tulisan menarik zara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan