x

Lapas Kelas I Malang ikuti Pameran Daur Ulang Sampah dan Inovasi Sampah se-Jatim

Iklan

Berita Lapas

Lapas Kelas I Malang
Bergabung Sejak: 25 November 2022

Jumat, 15 September 2023 09:43 WIB

Lapas Kelas I Malang ikuti Pameran Daur Ulang Sampah dan Inovasi Sampah se-Jatim

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti Pemeran Inovasi Daur Ulang Sampah yang dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup 2023 oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan ini digelar di Batalyon Armed I Singosari, Malang. Kegiatan Rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup ini mengambil tema "#Beat Plastic Pollution". Gubernur Jawa Timur dijadwalkan membuka kegiatan yang dimaksudkan untuk menangani dan jadi solusi sampah plastik di Jawa Timur. Lapas Kelas I Malang memamerkan berbagai produk karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti program Pembinaan Kemandirian.

Sampah plastik merupakan salah satu penyebab masalah pencemaran lingkungan terbesar di dunia, terutama sampah plastik yang terbuang tanpa pengelolaan lebih lanjut. Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, di tahun 2022 Indonesia menghasilkan sekitar 68,5 juta ton sampah dan sekitar 18,5% diantaranya berupa sampah plastik.

Lapas Kelas I Malang melalui unit Bimbingan Kerja telah ikut berusaha mengurangi dampak sampah dengan melakukan Pengolahan Sampah yang ada di dalam Lapas. Sampah dilakukan proses daur ulang menjadi berbagai produk yang telah banyak dinikmati masyarakat, seperti Asbak, Batako, hingga Pupuk Organik Cair (POC).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kegiatan ini jadi sarana bertukar ide dalam pengembangan Pengolahan Sampah Plastik yang ada di dalam Lapas yang telah berjalan menjadi lebih baik," ungkap Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).
Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).

 

Ikuti tulisan menarik Berita Lapas lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB