x

Pos Pantau Lapas Kelas I Malang Dilakukan Pemeliharaan

Iklan

Berita Lapas

Lapas Kelas I Malang
Bergabung Sejak: 25 November 2022

Jumat, 15 September 2023 09:46 WIB

Pemeliharaan di Pos Pantau Lapas Kelas I Malang

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melakukan pemeliharaan Pos Pantau oleh Petugas Keamanan dan Ketertiban Lapas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pos pantau yang ada di Lapas Kelas I Malang memiliki peran penting dalam menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban. Dengan adanya pos pantau ini, petugas Keamanan dapat memantau aktivitas para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), mencegah pelanggaran, dan mengambil tindakan yang diperlukan jika terjadi insiden. Oleh karena itu, pemeliharaan dan perbaikan pos pantau menjadi sangat penting.

Pemeliharaan Pos Pantau pada Senin (04/09/2023) ini meliputi Pemeriksaan dan perbaikan peralatan pengawasan seperti kamera pengawas, perangkat komunikasi dan peralatan lainnya yang digunakan dalam pos pantau. Selain itu dilakukan perbaikan struktural dan estetika pos pantau, seperti melakukan cat ulang dan perbaikan bangunan jika diperlukan.

Pos Pantau merupakan amanah Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lapas dan Rutan. Petugas pos menara atas dilengkapi HT, buku laporan dan lonceng. Selain itu ada kamera pengawas yang membantu memantau situasi di dalam Lapas dan sekitarnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Pemeliharaan Pos Pantau ini dilakukan secara rutin yang bertujuan untuk memperkuat pengawasan di seluruh area Lapas, sehingga setiap aktivitas yang mencurigakan dapat segera diidentifikasi dan ditangani dengan cepat," kata Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).


Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).

 

Ikuti tulisan menarik Berita Lapas lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu