x

Keluarga Hanya di Kartu Keluarga

Iklan

Acha Hallatu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Minggu, 24 September 2023 14:27 WIB

Keluarga Hanya di Kartu Keluarga

Cuma di kartu, gue keluarga. Tapi gak pernah dianggap ada.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bokap pertama kali selingkuh saat gue kelas 2 SMP. Rasanya kaya mimpi (paling) buruk tapi nyata. Disambar gledek pas matahari terik di siang bolong gitu. Mana waktu itu gue malu banget gak masuk sekolah sampai seminggu hingga akhirnya dijenguk teman sekelas. Dikira gue sakit. Rame banget mereka. Sedih gue liatnya waktu mereka datang ke rumah gue.

Sumpah, enggak! Gue gak mampu bayar uang sekolah bulan itu. Makanya gue menghindar. Bahkan gue gak ada kabar sengaja karna nyokap gue yang bilang. Jangan bilang siapa-siapa. Yauda gue diem. Terus akhirnya nggak masuk sekolah selama seminggu. Bayangin dah…

Awalnya senang karna gue kadang malas belajar gitu anaknya. Tapi lama kelamaan jadi kangen gitu. Tapi kalau dipikir-pikir ya, di sekolah gue itu dulu kurang asik aja. Anak-anaknya kurang berbaur. Yang kaya biasanya bakal main sama anak yang kaya juga. Guru-gurunya juga pilih kasih gitu. Perlakuannya berbeda antara si miskin dan si kaya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yup! That’s life, right?

Gue pernah datang ke kantor bokap, rasanya tuh kaya mau ketemu oranglain. Kok rasanya beda banget. Ini yang mau gue temui bokap sendiri tapi rasanya kok kaya oranglain buat gue. Gue nangis di dalam ruangan itu di hadapan bokap. Sedih gue. Kok gini amat sih?

Uang sekolah nggak bayar alias nunggak lama. Teman juga gak punya yang akrab dan bisa diajak susah gitu. Bener-bener ngerasa sendirian gue dulu. Sampai akhirnya gue putuskan buat pindah sekolah pas gue kelas 2 SMA. Semenjak gue pindah sekolah, gue baru ngerasain namanya kebersamaan. Meskipun di sekolah baru gue itu muridnya sedikit amat, ya gak masalah. Enjoy banget dulu gue semenjak pindah sekolah. Bener-bener keputusan yang tepat banget.

Dulu gue juga sering bolos gitu. Dari rumah gue kepikiran buat bawa baju ganti. Sesampai di sekolah gue ganti di kamar mandi anak SD. Terus gue cabut deh!

Gue nongkrong di salah satu restoran cepat saji ayam goreng yang terkenal banget itu lho, kakek tua yang berjanggut. Yauda gue merenung disitu. Meratapi nasib gue ini. Sampai gue nggak nyangka ternyata wali kelas gue cari dan telfon ke rumah gue. Ketahuan gue cabut jadinya.

Ah, sial!

Tapi emang depresi banget sih waktu itu gue.

Dan sekarang makin depresi semenjak kakak kandung gue udah nikah. Mana gue disuruh jagain dan ngurus anaknya. Itu gue bener depresi banget. Terus gue harus tidur di lantai karna emang gak ada tempat tidur disini. Nggak tau kenapa gue gak dibeliin tempat tidur yang mini gitu. Setidaknya gue gak tidur di lantai begini. Belum lagi kalau ada kecoa lewat, serangga bahkan kodok juga udah pernah gue hadapi. Sedih gue kalau bahas soal itu sebenarnya.

Lagi-lagi, namanya juga hidup. Nyokap gue juga nggak terlalu sayang amat sama gue. Karna emang gue lebih dekat sama bokap gue, apalagi wajah gue mirip banget sama bokap. Jadinya nyokap tuh nggak senang gitu kalau gue terlalu gimana gitu sama dia.

Sering juga gue diusir dari rumah. Karna emang gak punya uang dan butuh tempat tinggal, mau gak mau ya gue jalani aja dah. Dikatain apa aja terserah dah!

Ya, semoga suatu saat nanti nasib gue berubah ya. Soalnya cuma gue doang yang saat ini belum sukses. Gue sih ngerasanya gitu.

Berat gue rasa, soalnya gak ada yang semangati. Kadang gue mikir gitu, ngapain sih gue hidup di dunia ini? Bukannya senang malah depresi setiap harinya. One day, keberuntungan bakal berpihak ke gue. Amin. Optimis aja dulu.

Semua pada asik dengan dunianya sendiri. Jadinya gue ikutan juga asik dengan dunia gue ini. Ini sih lebih ke pengen mengeluarkan racun-racun dulu dari tubuh dan pikiran gue. Soalnya selama ini sering dipendam dan tertimbun sampai gue gak sadar kadang kalau gue marah tuh semuanya bisa keluar satu per satu.

Emang udah capek banget deh ya kayanya.

Jadi diri sendiri, tapi giliran udah jadi diri sendiri malah dibenci. Kadang tuh gue nggak ngerti sama konsep jadi diri sendiri itu gimana.

Gue pernah bahkan kalau ada kesempatan atau momennya gitu di teras rumah sendirian, gue nangis lho. Sambil dengar lagu rohani gitu, nanya ke diri sendiri dan ngomong kenapa sih gue gini? Ini sebenarnya cerita hidup gue bakal yang kaya gimana sih?

Kok gue gak ngerasain yang enak gitu kaya orang-orang? Setiap hari gue berusaha buat diri gue positif thinking gitu. Jalan kaki sambil meyakini kalau suatu saat gue bakal sukses. Nanti gue bakal kangen masa-masa gue jalan kaki susah kaya begini, pikir gue gitu.

Gue tuh butuh disayang gitu. Tapi mau cari dimana kasih sayang itu? Dulu pas gue SMP, gue pernah bawa lari motor bokap ke sekolah, sangkin iri banget sama temen-temen gue yang bawa motor ke sekolah. Pengen gue kaya anak lainnya. Kenapa sih nggak bisa? Pikir gue gitu. Terus gue jadi di telfon bokap tapi gak dimarahi. Senang gue diperhatikan gitu.

Ketahuan banget ya kalau ternyata gue ini tumbuh jadi anak yang kekurangan kasih sayang. Tapi banyak orang gak tau soal itu mah, karna memang gue terlihat dewasa dan terasa hangat bagi pribadi banyak orang di luar sana. Kenyataannya, gue lah orang yang paling butuh kasih sayang itu. Makanya gue sering ngerasa capek gitu kalau harus terus dengerin oranglain atau kasih perhatian ke orang-orang termasuk pacar gue.

Nggak tau kapan semua ini akan berakhir? Maksud gue penderitaan yang gue rasain ini.

Ikuti tulisan menarik Acha Hallatu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler