x

nike\xd

Iklan

Putri Asma Nur Afifah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Februari 2022

Senin, 25 September 2023 12:22 WIB

Melangkah Lebih Jauh: Bagaimana Nike Memanfaatkan Big Data untuk Merevolusi Bisnisnya

Perjalanan Transformasi Nike Menuju Masa Depan yang Lebih Cerdas

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Nike perusahaan multinasional yang berbasis di Amerika Serikat, terkenal sebagai salah satu brand pakaian dan sepatu olahraga terbesar di dunia. Perusahaan yang terkemuka dalam industri olahraga dan pakaian atletik yang telah berhasil mengintegrasikan inovasi teknologi, salah satunya big data.

Nike yang memanfaatkan big data menunjukkan upaya perusahaan mereka untuk mengintregrasi data dan teknologi dalam bisnis mereka, ada beberapa keberhasilan Nike dalam bertransformasi dengan memanfaatkan big data .

Pertama Nike telah berhasil mengumpulkan data yang begitu luas tentang pelanggan mereka, yang mencakup data tentang aktivitas olahraga, preferensi gaya hidup, preferensi produk, dan perilaku pembelian. Nike memperoleh  data tersebut melalui aplikasi Nike Training Club, Nike Run Club, Nike FuelBand dan Penjualan Online.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari data tersebuh mereka dapat memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan dengan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu, mereka bisa merekomendasikan produk yang relevan berdasarkan sejarah pembelian dan aktivitas para pelanggan.

Selain itu Nike juga bisa menggunakan big data  tersebut untuk merancancang produk baru mereka yang lebih inovatif, mereka bisa mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan merancang solusi yang lebih baik berdasarkan data yang mereka kumpulkan.

Data tersebut membantu Nike dalam mengembangkan teknologi baru, seperti sol sepatu yang lebih nyaman atau bahan yang lebih tahan lama, yang membedakan mereka dari pesaing.

Selain dari segi pelanggan dan produk, dengan big data  Nike dapat menyususn strategis pemasaran mereka yang lebih tepat sasaran. Nike dapat mengidentifikasi kelompok sasaran yang potensial dan menyesuaikan pemasaran pesan untuk mencapai audiens yang tepat.

Nike telah berhasil bertransformasi dengan memanfaatkan big data  untuk mengoptimalkan operasi bisnis mereka, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Penggunaan data yang cerdas telah membantu mereka menjadi lebih adaptif, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan, serta memungkinkan mereka untuk tetap menjadi pemimpin dalam industri olahraga global.

Ikuti tulisan menarik Putri Asma Nur Afifah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan