x

Iklan

ayu gemuh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2023

Rabu, 27 September 2023 06:22 WIB

Pentingnya Kemasan dalam Pemasaran Produk

Di dalam memilih kemasan perlu diperhatikan agar pembungkus produk tidak beracun.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti
Magister Sains Pertanian Universitas Warmadewa Denpasar.

Untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dari kelompok wanita tani perlu pelatihan diantaranya bagaimana mengkemas produk  olahan pangan tradisional Bali sehingga mempunyai nilai tawar yang tinggi. Dengan kemasan yang menarik dan adanya labeling yang menjelaskan isi atau kandungan dari produk, kegunaan produk, lokasi dari produk serta adanya sertifikasi dari produk akan mampu menarik konsumen.

Hukum ekonomi menjelaskan bahwa semakin populer produk  semakin banyak peminat maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh. Disamping kemasan yang menarik tentunya tidak lepas dari bahan didalam memilih kemasan disesuaikan dengan produknya. didalam pemasaran kemasan  memegang peran yang sangat penting, pembeli bertambah yakin  kalau kemasannya menarik serta berisikan   bahan-bahan apa saja serta masa berlakunya dan terdaftar di BPOM.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemasan adalah wadah ataupun pembungkus yang memiliki fungsi untuk mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk yang dikemas, atau  suatu material pembungkus produk yang memiliki fungsi untuk menampung, melindungi, mengidentifikasi, dan mempromosikan produk yang dihasilkan. 

Fungsi kemasan untuk melindungi isi dari kerusakan dan penurunan mutu produk. Merupakan bagian dari Promosi Penjualan Serta Identitas Perusahaan. Sebagai Penyediaan Informasi Produk serta Menambah Nilai Jual Produk.

Kriteria kemasan

Di dalam memilih kemasan yang sesuai dengan produk perlu diperhatikan agar kemasan yang kita gunakan sebagai pembungkus produk tidak beracun (toksik). Perlu label untuk Menunjukkan identitas produk. Dapat melindungi produk dari air, oksigen, mikroba dan cahaya. Usahakan kemasan yang kita gunakan tidak bocor, harganya tidak mahal (efisien dan ekonomis mudah didapat, bisa didaur ulang agar tidak menimbulkan volusi, mudah dibuang, tidak merusak lingkungan, memenuhi ukuran, bentuk dan berat serta cocok untuk produk yang dikemas.
 

Jenis 
Kemasan bisa terbuat dari, Kertas, Karton, Karton Bergelombang, plastic, Logam, Gelas, Karung. Tetapi yang paling tepat digunakan pada produk telur adalah bahan plastic transparan agar produk terlihat serta terlindung dari penguapan sehingga produk tahan lebih lama.
Kemasan membantu memberikan kenyamanan pengguna. Pengemasan memberikan kemudahan dalam pengangkutan produk dari satu tempat ke tempat lain. Fungsi pengangkutan, penyimpanan, dan penanganan dilakukan dengan mudah dan tanpa pemborosan. Konsumen sangat terbantu selama produk belum digunakan, cara penanganan pasca panen yang baik/Good Handling.  

Produk yang dikemas dengan baik akan memiliki nilai lebih tinggi dibanding produk telanjang. Kemasan berperan penting dalam menciptakan permintaan dengan cara menarik konsumen. Konsumen bisa mengenali sebuah produk melalui iklan dan kemasan sekaligus sebagai iklan dari produk sehingga dapat membantu meningkatkan permintaan akan produk

Ikuti tulisan menarik ayu gemuh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB