x

Sumber: StockSnap/Pixabay.

Iklan

Rusdi Ngarpan

Penulis Indonesiana/ Alumnus UNNES Semarang, berkarya di SMP
Bergabung Sejak: 26 September 2023

Selasa, 3 Oktober 2023 18:33 WIB

Membukukan Tulisan di Indonesiana.id

Supaya tulisan kita terdokumentasi dengan baik dan bisa digunakan sebagai kenang-kenangan, kita bisa melakukan cara ini. Caranya adalah dengan mengumpulkan tulisan kita yang sudah tayang di Indonesiana dan diterbitkan dalam bentuk buku.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tulisan-tulisan di indonesiana.id banyak sekali. Jika tulisan tersebut dibaca dan dipahami atau dilaksanakan petunjuknya akan membawa manfaat yang besar. Baik dalam hidup dan pergaulan di masyarakat. Tulisan-tulisan yang tersebar di platform indonesiana.id milik grup Tempo semakin lama semakin banyak dan tidak menutup kemungkinan informasi tersebut tereduksi dari situs. Hal ini disebabkan oleh waktu tayang yang sudah lama.

Tereduksinya tulisan menjadikan kita kesulitan mendokumentasikan tulisan-tulisan kita yang sudah terbit atau tayang di platform Indonesiana.id. Supaya tulisan kita terdokumentasi dengan baik dan bisa digunakan sebagai kenang-kenangan, kita bisa melakukan cara ini. Caranya adalah dengan mengumpulkan tulisan kita yang sudah tayang di Indonesiana dan diterbitkan dalam bentuk buku. Kok bentuk buku? Ya bentuk buku. Pasti awet sebagai kenangan bagi generasi mendatang dan keturunan kita.

Buku kumpulan tulisan atau artikel banyak sekali diterbitkan. Mengapa kita tidak melakukannya. Terutama tulisan kita yang sudah tayang di indonesiana. Setelah memperhatikan beberapa penulis dan membaca artikelnya, ada yang menulis sudah puluhan artikel. Kok tidak ada yang kepikiran menerbitkannya menjadi buku ya?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika kita sudah menulis artikel yang tayang di indonesiana minimal 50 tulisan, kan sudah bisa dikumpulkan menjadi satu buku kecil. Kok buku kecil? Ya buku kecil. Misalnya pas ulang tahun kita kumpulkan tulisan kita dan kita jadikan tulisan tersebut sebagai kado ulang tahun. Atau yang mau menikah. Tulisan di Indonesiana.id dibukukan dan digunakan sebagai kado pernikahan. Kan asyik. Bisa terkenal dan tulisan kita yang kaya infornasi bisa menjadi kenang-kenangan dan semoga bisa dibaca generasi mendatang.

Selain itu, tulisan kita dibaca orang banyak yang kebetulan mungkin tidak sempat membaca artikel-artikel di Indonesiana.id. Itu sama saja memperkenalkan platform menulis indonesiana  di masyarakat. kemungkinan setelah kenal, mereka bisa ikut-ikutan menulis di platform indonesiana. Jadi, mereka bisa berbagi informasi penting dengan pembaca indonesiana.id. Mereka bisa menambah penghasilan dengan menulis di platform tersebut. Berbagi itu indah. Bukan hanya berbagi kekayaan atau uang tapi berbagi ilmu dan pengetahuan juga indah. Berbagi pengetahuan juga ladang amal. Ayo, siapa di antara kontributor indoonesiana.id yang mau membukukan tulisannya? Selamat berkarya dan tulisan kita abadi. Ditunggu buku kumpulan tulisan di indonesiana.id terbit.

Selamat menulis di indonesiana.id dan menerbitkannya menjadi buku. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Ikuti tulisan menarik Rusdi Ngarpan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB