x

Cover buku wanita bertanya islam menjawab

Iklan

Rusdi Ngarpan

Penulis Indonesiana/ Alumnus UNNES Semarang, berkarya di SMP
Bergabung Sejak: 26 September 2023

Sabtu, 16 Maret 2024 13:08 WIB

Review Buku Wanita Bertanya Islam Menjawab, 99 Soal-Jawab Wanita

Islam memuliakan wanita. Banyak permasalahan wanita yang dibahas dan dijawab menurut Alquran dan sunah Nabi Muhammad.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ibu ialah sosok wanita yang melahirkan kita. Beliau tanpa pamrih mengandung dan melahirkan kita di dunia ini. Beliau juga merawat, menyusui, mengganti popok, dan bisa tidak tidur semalaman hanya untuk menjaga diri kita. Pantaslah ada istilah surga ada di telapak kaki ibu.

Ibu sudah selayaknya dihormati dan dimuliakan. Bukannya diperlakukan seperti jaman jahiliyah, direndahkan dan dianggap hina.

Kini wanita memiliki derajat dan kedudukan yang sama dengan lelaki. Mereka bisa menjadi guru, dokter, perawat, menteri bahkan presiden. Wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama menurut agama, norma dan negara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut islam wanita memiliki kedudukan yang sama dengan lelaki. Dalam urusan syariat dan hukum, islam tidak membeda-bedakan. Semua diperlakukan sama menurut hukum dan syariat.

Buku berjudul Wanita Bertanya Islam Menjawab ini berisi 99 pertanyaan. Semua pertanyaan itu dijawab berdasarkan hukum syara' yang bersumber dari dalil-dalil yang shahih dari Alquran dan hadits. 

Buku terjermahan karya Dr. Nashir Farid Washil, seorang mufti besar Mesir, ini memiliki ketebalan 136 halaman. Dibagi menjadi dua bab yaitu masalah muamalah dan masalah ibadah.

Beberapa masalah muamalah seperti profesi terbaik wanita, hak dan kewajiban, mencari jidoh, kewajiban suami istri hingga masalah bersedekah. Semuanya dijawab berdasarkan dalil Alquran dan hadits.

Sementara bab masalah ibadah meliputi pakaian wanita, berpuasa, haji, zakat, tata cara mandi wajib bagi wanita dan wanita yang ideal menurut syara'.

Dalam buku terbitan Mujahid, Bandung ini disebutkan bahwa wanita yang ideal menurut syara' ialah para istri Nabi Muhammad yang menjadi Ummahaatul mu'miniin seperti Khadijah, Aisyah, Hafshah, dan Fatimah, putri Rasulullah serta wanita lain yang mengikuti pribadi mereka dari wanita salaf maupun modern.

Mereka memiliki kemampuan mendidik dengan tanggung jawab, mengajarkan ilmu pengetahuan, menanamkan nilai-nilai tauhid dan dakwah dengan teladan yang baik, mengajarkan persatuan dan kasih sayang sesama manusia dan bermanfaat bagu semua.

Demikian review buku wanita bertanya islam menjawab. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber: Dr. Nashir Farid Washil, 2004, Wanita Bertanya Islam Menjawab, Bandung: Mujahid Press.

Ikuti tulisan menarik Rusdi Ngarpan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu