x

Kegiatan Bulan Ramadhan

Iklan

Rusdi Ngarpan

Penulis Indonesiana/ Alumnus UNNES Semarang, berkarya di SMP
Bergabung Sejak: 26 September 2023

Selasa, 2 April 2024 19:11 WIB

Siswa SMPN 1 Jaken Pati Shalat Dhuha Berjamaah dalam Kegiatan Pesantren Ramadhan

Siswa SMPN 1 Jaken Pati Shalat Dhuha Berjamaah dalam Kegiatan Pesantren Ramadhan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bulan ramadhan bulan penuh berkah. Bulan penuh ampunan bagi seluruh umat manusia. Bulan di mana umat muslim menjalankan berbagai kegiatan ibadah. Kegiatan salat tarawih berjamaah di malam hari bulan suci penuh ampunan. Memperbanyak membaca kitab suci Alquran mengharapkan barakah dan ampunan Allah. Menjalankan puasa di awal hari hingga adzan magrib saat berbuka. Melaksanakan zakat fitrah di akhir bulan ramadhan.

Kegiatan keagamaan dilaksanakan bukan hanya di rumah, di masjid dan mushala tapi juga di berbagai lembaga pendidikan seperti siswa di SMP Negeri 1 Jaken Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Di sekolah ini diadakan kegiatan pesantren bulan ramadhan yang biasa disebut pesantren kilat. Kegiatan pesantren kilat dilakukan berupa salat dhuha berjamaah.

Kegiatan salat dhuha berjamaah dilaksanakan hari Selasa dan Rabu, 26-27 Maret 2024 ini diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8 yang berjumlah 400-an siswa. Salat dilaksanakan di indoor sekolah dan dipimpin oleh Bapak Arif Rahman, S.Pd.I selaku guru agama Islam. Dengan dibantu bapak dan ibu guru wali kelas 7 dan 8, kegiatan salat dhuha berjalan lancar dan tertib. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salat dhuha dilakukan berjamaah dengan siswa dimaksudkan untuk mendidik agar siswa salat dhuha dan melaksanakan ibadah keseharian.

Setelah salat dilakukan ngaji bersama membaca Alquran hingga khatam. Pada hari Selasa, 26 Maret 2024 diadakan ceramah keagamaan berisi tentang keutamaan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Isi ceramah dimaksudkan agar siswa SMP Negeri 1 Jaken yang mayoritas muslim tersebut benar-benar menjalankan ibadah puasa, bukan hanya bulannya saja yang disebut puasa tetapi umat islam justru tidak menjalankan puasa.

Kegiatan tersebut benar-benar menjadikan siswa lebih tertib dan teratur. Demikian, kegiatan di bulan ramadhan penuh berkah dan semoga menjadi amal ibadah semua umat. Terima kasih.

Ikuti tulisan menarik Rusdi Ngarpan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB