x

Iklan

Jhoni Irawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Oktober 2023

Jumat, 13 Oktober 2023 13:41 WIB

Apa Itu Slip Gaji Pegawai? Yuk, Simak Penjelasan Lengkapnya

Bagi Anda yang berstatus karyawan di suatu perusahaan, Slip Gaji akan selalu Anda dapatkan setelah menerima gaji bulanan Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi Anda yang berstatus karyawan di suatu perusahaan, Slip Gaji akan selalu Anda dapatkan setelah menerima gaji bulanan Anda. Dari slip gaji, Anda bisa mengetahui gaji pokok, tunjangan dan potongan seperti untuk BPJS Ketenagakerjaan, serta pajak-pajak yang harus Anda bayarkan, sehingga muncul angka gaji bersih Anda. 

Pengertian Slip Gaji

Secara umum slip gaji merupakan bukti autentik atau bukti resmi diterimanya gaji dari pemberi kerja bagi pekerja atau karyawan. Slip gaji yang diberikan perusahaan memuat bagian-bagian nominal tertentu, baik secara rinci maupun sekedar ringkasan. Baik perusahaan menyediakan take home pay atau lainnya, slip gaji tetap dikeluarkan.

Bagi perusahaan, slip gaji berfungsi sebagai dokumentasi pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Atau sebagai bukti resmi bahwa perusahaan telah melaksanakan kewajibannya terhadap pekerja yang bersangkutan mengenai sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak pekerja tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedangkan bagi pekerja, slip gaji merupakan bukti kejelasan proses penggajian atau sebagai informasi pemotongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan. Namun selain kegunaan dan manfaat slip gaji di atas, masih banyak lagi manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari slip gaji.

Apa Saja Komponen Slip Gaji Karyawan?

Sebagai sebuah dokumen penting, perusahaan tentu tidak sembarangan membuat format slip gaji karyawan. Setiap perusahaan biasanya memiliki cara tersendiri dalam membuat slip gaji karyawan, dimana dokumen ini memuat komponen-komponen yang termasuk dalam perhitungan gaji itu sendiri.

Hal ini terlihat dari berbagai contoh slip gaji karyawan yang kini semakin mudah ditemukan secara online. Tidak selalu sama, contoh slip gaji karyawan ini bisa saja memuat berbagai komponen yang berbeda-beda dan tentunya sesuai dengan peraturan pemerintah dan kebijakan perusahaan.

Bukan tidak mungkin sebuah perusahaan kecil hanya akan memiliki sejumlah komponen pokok dalam slip gaji karyawannya. Sedangkan slip gaji di perusahaan besar mungkin lebih banyak komponennya, karena lebih banyak fasilitas yang diberikan kepada pekerjanya. Berikut beberapa komponen yang umumnya disertakan dalam penghitungan slip gaji karyawan: 

- Gaji pokok.

- Tunjangan yang bersifat fungsional dan diterima oleh karyawan, seperti: tunjangan makan siang, tunjangan transportasi, tunjangan komunikasi, dan lain-lain.

- Fasilitas berupa asuransi swasta dan layanan BPJS Kesehatan.

- Bonus dan Tunjangan Hari Raya (THR) yang bersifat kondisional.

- Pajak Penghasilan (PPh) sesuai dengan peraturan pemerintah dan dibayar oleh perusahaan.

- Gaji tambahan terkait dengan kegiatan lembur.

- Dan lain-lain, sesuai dengan kebijakan perusahaan. 

Manfaat Slip Gaji

Mengajukan Kredit Alat Elektronik

Seringkali keinginan untuk membeli perangkat elektronik harus dikesampingkan karena harus memenuhi kebutuhan lain yang lebih diprioritaskan. Hal inilah yang menyebabkan sebagian masyarakat memilih membeli televisi, kulkas, mesin cuci atau peralatan elektronik lainnya secara kredit. 

Biasanya syarat untuk mengambil cicilan adalah Anda harus menyerahkan slip gaji sebagai pertimbangan kemampuan Anda dalam membayar cicilan bulanannya. Slip gaji juga akan mempengaruhi lamanya jangka waktu cicilan yang akan diambil nantinya.

Mengajukan KPR

Bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), maka Anda harus memiliki slip gaji yang harus dipenuhi. Melalui slip gaji Anda, bank akan menganalisis kemampuan Anda dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya. Idealnya, gaji bulanan Anda harus tiga kali lebih besar dari cicilan bulanan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda menyesuaikan cicilan yang diambil dengan gaji yang diterima.

Mengajukan Kredit Tanpa Jaminan

Slip gaji juga sering digunakan untuk mengelompokkan orang pada saat mengajukan kredit. Hal serupa juga berlaku saat Anda mengajukan kredit tanpa jaminan (KTA). Kemampuan membayar dapat dilihat dari slip gaji dan dicantumkan dalam formulir pengajuan kredit tanpa jaminan. Sama seperti pengajuan KPR, besar kecilnya slip gaji mempengaruhi penilaian dan persetujuan bank atau pihak ketiga terhadap kredit yang Anda ajukan.

Mengajukan Kredit Motor Dan Mobil

Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh dari slip gaji adalah saat mengajukan kredit kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor. Anda perlu menyertakan slip gaji sebagai syarat pengambilan kredit. Jenis, merek, dan DP atau uang muka kendaraan tentunya akan mempengaruhi besaran cicilan yang harus Anda bayarkan.

Untuk Melamar Pekerjaan Baru

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa ada beberapa perusahaan yang mewajibkan pelamarnya melampirkan slip gaji saat melamar pekerjaan. Biasanya slip gaji akan diminta saat Anda dan HRD perusahaan sedang melakukan negosiasi gaji. Dalam hal ini, pelamar dapat menaikkan gajinya di kantor lama, kemudian membayar gaji yang jauh lebih tinggi di kantor baru.

Namun dengan slip gaji, HRD perusahaan  bisa mengetahui kebenaran berapa sebenarnya gaji Anda di kantor lama, sehingga Anda tidak bisa begitu saja memberikan tawaran gaji yang besar. 

HRD perusahaan perkantoran baru juga bisa memperkirakan gaji yang tepat sesuai dengan pengalaman kerja Anda. Kunci saat negosiasi gaji adalah membuka harga dengan permintaan kenaikan gaji dari kantor sebelumnya, namun tetap melihat kemampuan dan pengalaman kerja. 

Demikian ulasan artikel tentang Slip Gaji Pegawai seperti yang dilansir 888 slot. Semoga bermanfaat. 

Ikuti tulisan menarik Jhoni Irawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler