x

Iklan

Jhoni Irawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Oktober 2023

Jumat, 13 Oktober 2023 14:10 WIB

10 Tips Dekorasi agar Apartemen Mungil Terkesan Luas dan Nyaman

Masalah keterbatasan lahan membuat persediaan hunian tapak kian menipis. Namun, hal tersebut bukan masalah besar karena kehadiran apartemen siap jadi solusinya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masalah keterbatasan lahan membuat persediaan hunian tapak kian menipis. Namun, hal tersebut bukan masalah besar karena kehadiran apartemen siap jadi solusinya. Jika Anda sedang mencari apartemen saat ini, jangan lupa mengakses situs Rumah123 agar segera mendapatkan unit yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Rumah123 tak hanya memfasilitasi jual beli properti berupa rumah saja, melainkan juga apartemen. Anda bisa mencari apartemen di Bandung, Jakarta, Surabaya, maupun kota-kota besar lainnya secara mudah melalui situs terpercaya tersebut. Bahkan, Rumah123.com juga tersedia dalam format aplikasi Android yang siap mempermudah Anda. 

Salah satu permasalahan klasik yang dialami mayoritas penghuni apartemen adalah ukuran ruangan yang terbilang mungil. Anda tak perlu resah menghadapi persoalan tersebut sebab beberapa tips dekorasi berikut ini dapat dicoba agar ruangan apartemen terkesan luas dan nyaman:

Hindari Sekat Ruangan Bersifat Permanen

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keberadaan sekat memang penting untuk memperjelas batas ruangan di apartemen. Sayangnya, sekat ruangan bersifat permanen seperti tembok justru memberikan kesan sempit dan menyita kapasitas ruangan secara berlebihan. Anda patut menyiasati hal ini dengan cara memilih sekat ruangan non permanen, seperti tirai, panel kayu, atau rak pembatas. Selain memperkuat kesan luas, sekat non permanen juga lebih mudah dipindahkan sewaktu Anda ingin melakukan penataan ulang pada ruangan.

Pilih Warna-Warna Bernuansa Netral dan Terang

Pemilihan warna rupanya turut berpengaruh terhadap suasana interior apartemen. Alangkah lebih baik jika Anda memilih warna-warna netral yang terang seperti putih, abu-abu muda, atau beige supaya ruangan terasa lebih luas. Warna terang bisa dikombinasikan dengan aksen warna gelap yang serasi, seperti hitam, abu-abu tua, atau cokelat eboni. Sebaliknya, dominasi warna gelap justru harus dihindari sebab memberikan kesan sempit dan kumuh.

Pencahayaan Ruangan Harus Maksimal

Suasana apartemen yang nyaman dan luas juga sangat bergantung pada sistem pencahayaannya. Anda harus memastikan pencahayaan apartemen selalu maksimal agar setiap ruangan terkesan terang. Tak cuma menggunakan lampu utama, Anda juga dapat menambahkan ornamen berupa lampu gantung atau lampu dinding untuk memperkuat kesan terang dalam ruangan apartemen.

Pastikan Ukuran Furniture Sesuai dengan Kapasitas Ruangan

Ukuran ruangan apartemen yang mungil membuat Anda wajib ekstra cermat sewaktu memilih furniture. Lakukan pengukuran ruangan terlebih dahulu agar bisa menentukan ukuran furniture yang tepat. Hindari penggunaan furniture yang terlalu besar karena berisiko menyita kapasitas ruangan sekaligus membatasi ruang gerak. Kemungkinan besar furniture berukuran jumbo malah membuat Anda kesulitan beraktivitas selama berada di apartemen.

Gunakan Furniture Multifungsi untuk Menghemat Ruang

Ukuran ruang apartemen yang mungil sekarang tak lagi terlalu membingungkan sebab Anda dapat mengatasinya dengan furniture multifungsi. Dahulu, furniture memang identik dengan perabot besar yang menyita ruangan. Namun kini banyak sekali produk furniture multifungsi yang didesain khusus untuk ruangan mungil. Anda dapat menggunakan sofa bed, rak sepatu yang sekaligus berguna sebagai kursi, meja tamu yang juga berfungsi sebagai laci penyimpanan, serta berbagai mebel multifungsi lainnya. Penggunaan furniture ini jelas membuat kapasitas ruangan makin hemat dan Anda bisa menggunakan sisa ruangan untuk kebutuhan lainnya.

Prioritaskan Perabot Berbentuk Vertikal

Jika apartemen Anda tidak memungkinkan untuk berbagai perabot berukuran lebar, maka perabot berbentuk vertikal patut jadi andalan. Berusahalah menghindari perabot besar yang bikin ruangan makin sempit. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan perabot berbentuk vertikal yang bernuansa estetik, misalnya rak gantung, rak sudut berukuran tinggi, atau lampu hias yang dilengkapi kaki. 

Singkirkan Barang-Barang yang Tidak Diperlukan

Biang keladi penyebab ruangan sempit yang acapkali tidak disadari adalah barang-barang tak terpakai yang dibiarkan teronggok begitu saja. Jadi, sebaiknya Anda membereskan barang tersebut secara rutin sehingga ruangan terasa lebih lega. Jangan ragu membuang atau mengalihkan barang yang sudah lama tidak pernah Anda gunakan. Kemudian, simpanlah barang-barang yang masih digunakan dalam kotak penyimpanan khusus, rak, atau lemari sehingga membuat nuansa ruangan lebih rapi dan sedap dipandang.

Utamakan Konsep Open Space

Konsep open space atau ruangan tanpa sekat sangat tepat untuk apartemen bergaya modern. Walaupun setiap ruangan terlihat luas karena tidak dilengkapi sekat, Anda tetap bisa menciptakan batas antar ruangan dengan berbagai trik khusus. Permainan motif dan warna keramik atau penempatan karpet pada area interior tertentu adalah cara terbaik untuk mempertegas batas-batas ruangan.

Letakkan Cermin pada Salah Satu Sisi Ruangan

Jangan lupa kalau cermin juga dapat membantu memperjelas kesan luas pada ruangan mungil. Siapkan cermin berukuran besar pada salah satu sisi dinding untuk merefleksikan seluruh bayangan ruangan yang ada di depannya. Teknik ini akan berhasil bila kondisi ruangan tidak terlalu penuh sesak oleh barang-barang.

Pakai Barang-Barang Bermotif Polos

Aneka barang bermotif memang terlihat menarik sebagai pajangan, tetapi lain halnya bila barang tersebut diletakkan di ruangan sempit. Sebagai gantinya, apartemen mungil membutuhkan barang-barang bermotif polos yang membuat nuansa ruangan makin elegan sekaligus luas. Alangkah lebih baik lagi bila warna barang tersebut senada dengan warna ruangan secara keseluruhan sehingga terlihat makin serasi.

Ulasan kali ini tentu membuat Anda tak ragu memilih apartemen mungil sebagai hunian baru yang nyaman untuk memenuhi kebutuhan Anda. Mari mencari referensi seputar desain interior apartemen agar bisa merealisasikan konsep impian yang Anda inginkan. 

Ikuti tulisan menarik Jhoni Irawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu