x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Sabtu, 21 Oktober 2023 13:55 WIB

Evaluasi Taman Bacaan untuk Apa?

Gerakan literasi dan taman bacaan harus lakukan evaluasi. Untuk apa?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu cara untuk mengukur kinerja Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah evaluasi kinerja. Evaluasi atas jalannya program literasi, aktivitas rutin di taman bacaan, atau evaluasi terhadap kegiatan/event yang digelar di taman bacaan. Karena melalui evaluasi, pegiat literasi atau pengelola taman bacaan bisa tahu hal-hal yang sudah sesuai tujuan dan mana yang belum sesuai? Jadi, biasakan melakukan evaluasi saat di taman bacaan.

 

Jujur saja, agak sulit menyebut taman bacaan berhasil tanpa mau evaluasi. Karena hanya evaluasi yang bisa mengurai kinerja taman bacaan. Sudah on track atau belum. Bahkan evaluasi bisa menegaskan akan tiga hal di taman bacaan masyarakat: 1) seberapa komitmen pengelola taman bacaan?, 2) seberapa konsisten program literasinya dijalankan?, dan 3) seberapa dampak yang dihasilkan dari keberadaan taman bacaan? Maka evaluasi di taman bacaan adalah keniscayaan. Untuk mengetahui dan mengukur efektivitas taman bacaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Evaluasi itulah yang dilakukan TBM Lentera Pustaka. Tiap usai kegiatan, TBM yang dikenal komprehensif ini selalu mentradisikan evaluasi. Seperti yang  terjadi seusai event CSR Chubb Indonesia (18/10/23), evaluasi dilakukan langsung Pendiri TBM Lentera Pustaka bersama wali baca dan relawan TBM Lentera Pustaka. Tentu, sambil rileks menikmati kafe di sekitar kaki Gunung Salak Bogor. Apa saja yang dievaluasi? Diantaranya, audiens event CSR yang hadir (kaum ibu dan anak-anak pembaca aktif), komen dari lembaga yang ber-CSR, komen dari audiens,, dan kebersihan pasca kegiatan. Pihak Chubb Indonesia pun menyatakan senang dan puas bisa berkontribusi ke TBM Lentera Pustaka. Bahkan insya Allah, Chubb Indonesia pun berkomitmen menjadi "salah satu sponsor korporasi tahun 2024 di TBM Lentera Pustaka".

 

Evaluasi ini penting bagi TBM Lentera Pustaka. Karena dalam seminggu ini ada 3 event besar di TBM Lentera Pustaka. Mulai dari CSR Chubb Indonesia (18/10/23), akan diikuti dengan  event bulanan dan peresmian "Taman Elena" sekaligus liwetan keluarga besar TBM Lentera Pustaka (22/10/23) dan event CSR Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 bersama Bank CIMB Niaga Syariah - Asosiasi DPLK - OJK yang dihadiri pula oleh DPLK CAR, DPLK SimasJiwa, dan DPLK Capital Life pada Selasa, 24 Oktober 2023. Sekaligus berdonasi buku bacaan dan perlengkapan TBM dari mereka.

 

TBM nggak usah takut evaluasi. Agar lebih objektif dan paham mana area yang harus ditingkatkan. Karena dengan evaluasi selalu ada pelajaran baik untuk meningkatkan kapasitas TBM. Evaluasi bukan soal salah dan benar tapi untuk introspeksi diri. Untuk saling mengingatkan sesama pegiat literasi, bukan saling menyalahkan. Evaluasi itu introspeksi diri. Karena tidak ada TBM yang sempurna, yang ada TBM yang mau berproses untuk memperbaiki diri.

 

Evaluasi sangat penting bagi TBM Lentera Pustaka. Agar dapat menjaga kepercayaan korporasi atau lembaga yang sudah bekerjasama atau mau berkontribusi. Agar kolaborasi di TBM Lentera Pustaka terus berlanjut. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Dan saat evaluasi, jangan sampai menyalahkan diri sendiri. Tapi menjadi saran untuk memperbaiki diri. Salam literasi #EvaluasiTBM #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu