x

Beberapa cerpen karya Danarto

Iklan

Laila Rahmawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Oktober 2023

Minggu, 29 Oktober 2023 19:06 WIB

Pekan Kebudayaan Nasional 2023: Lensa Humor dalam Eksplorasi Pengalaman Spiritual

Pekan Kebudayaan Nasional menjadi salah satu acara terbesar yang diadakan setiap dua tahun sekali diberbagai wilayah di Indonesia, kegiatan ini menjadi ajang dalam mempromosikan dan merayakan kekayaan budaya bangsa. Pekan Kebudayaan Nasional 2023 menjadi sorotan utama, terutama karena salah satu titik acara berada di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PKN 20203 : Workshop stand up comedy

Pekan Kebudayan Nasional adalah platform yang memungkinkan Kerjasama Antara Kemertrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan berbagai institusi pendidikan dan budaya di Indonesia. Salah satu institusi yang turut serta dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2023 adalah  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta), yang berperan penting dalam menggelar berbagai rangkaian acara yang menarik. Pekan Kebudayaan Nasional 2023 yang diadakan di UIN Jakarta diadakan selama kurang lebih satu minggu mulai dari tanggal 20- 28 oktober.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu acara yang menjadi acara unggulan dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2023 yaitu Workshop Stand Up Momedy yang belangsung dilantai 3 Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK), teater Prof. Mahmud Yunus. Workshop ini mendapatkan perhatian yang cukup besar mulai dari segi humornya, spiritualnya, dan stand up comedy yang dibawakan mampu menciptakan kebahagian.

Acara workshop ini dihadiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, dosen, dan Masyarakat umum yang tertarik untuk memahami seni stand-up comedy. Salah satu narasumber utama dalam acara ini yaitu Sakdiyah Ma’ruf seorang komika perempuan yang mengenakan hijab pertama. Prestasi gemilang yang diraih oleh Sakdiyah Ma’ruf ini salah satunya adalah seorang jebolan dari stand up comedy Kompas dan bahkan menjadi salah satu dari 100 perempuan berpengaruh di Indonesia.

Sakdiyah Ma’ruf bukan hanya seorang komika tetapi dia juga seorang Perempuan inspiratif yang mendorong banyak perubahan positif dalam Masyarakat. Dalam workshop ini juga, Sakdiyah Ma’ruf berbagi pengalamannya tentang bagaiamana humor bisa menjadi alat untuk menyampaikan pesan-pesan penting. Sakdiyah Ma’ruf mengungkapkan bahwa “islam dan humor bukan salah satu yang bertolak belakang” yang berarti sebuah humor bisa menjadi salah satu bentuk ajaran hal positiif. Seperti contohnya yang dituangkah sakdiyah ma’ruf dalam workshop adalah kisah nasrudin hoja, seorang sufi yang menjadikan sebuah humor menjadi salah satu aplikasi pengajaran islam di Masyarakat.

Humor, dalam kontekes stand up comedy adalah seni dalam mengubah hal biasa menjadi cerita lucu. Pekan Kebudayaa Nasional 2023 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta), menjadi bukti nyata bahwa budaya dan humor dapat menjadi saran mencapai ketenangan. Acara seperti ini juga dapat menunjukkan bahwa humor tidak hanya sebagai hiburan semata, akan tetapi menjadi dasar alat untuk menyampaikan pesan dan membangun kesadaran tentang berbagai isu penting di masyarakat.

Pekan Kebudayaan Nasional 2023 adalah wujud konkret dari upaya bersama antara kemendikbudristek dan isntitusi pendiikan dan budaya di seluruh Indonesia untuk mempromosikan dan merayakan budaya Indonesia. Dengan tema “merinci pengalaman spiritual dan refleksi dengan humor” menjadi kunci bahwa humor dan spiritual saling berhubungan tidak bertolak belakang bahkan menjadi saling berdampingan dalam memberikan hal yang positif. Semoga pekan kebudayaan nasional ini terus menjadi sarana untuk merayakan dan melestarkan budaya indonesia, serta menginspirasi masyarakat untuk menjalani kehidupan dengan lebih menyebarkan hal positif salah satunya adalah dengan humor yang dilengkapi dengan spiritual.

Ikuti tulisan menarik Laila Rahmawati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu