x

Data Dokumentasi Tempo

Iklan

Dirda Adha

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Oktober 2023

Senin, 30 Oktober 2023 19:34 WIB

Biarkan Mimpumu Menggantung 5 CM di Depan Kening Kamu pada Novel 5 CM

Novel 5 CM merupakan salah satu jenis karya sastra yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro. Novel ini terbit pada tahun 2005 dan difilmkan pada tahun 2012.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Novel adalah jenis karya sastra yang didalamnya terdapat nilai-nilai yang dapat diambil. Pada era sekarang novel menjadi favorit bagi kalangan remaja. Novel merupakan suatu karangan yang memiliki alur, latar, perwatakan, dan lainnya. Dan dengan membaca sebuah novel, sama saja dengan mengapresiasi karya tersebut. Karena, secara langsung kita menikmati kisah yang disuguhkan oleh sang penulis. 

Novel 5 CM merupakan novel karangan Donny Dhirgantoro yang terbit pada tahun 2005 dan mengalami ahli wahana pada tahun 2012. Novel yang dicetak ulang sebanyak 37 kali ini menceritakan sebuah persahabatan dan juga kisah percintaan lho. Terdapat lima orang sahabat, diantaranya Arial pria paling tampan, Genta seorang pria yang memiliki sifat pemimpin, Riani wanita paling cantik, Zafran seorang pria yang menyukai sastra, dan Ian pria bertubuh gemuk nan lucu. 

Kisah ini diawali oleh ide Genta yang mengusulkan untuk tidak bertemu selama tiga bulan. Tujuannya ialah agar mereka bisa fokus untuk mengejar mimpi mereka. Mulanya mereka tidak setuju dengan ide Genta, tetapi ketika mendengar penjelasan Genta mereka akhirnya setuju dan tidak berkomunikasi selama tiga bulan. Tiga bulan mereka jalani dengan fokus pada pekerjaannya masing-masing. Dan pada akhirnya, hari dimana mereka bertemu kembali, Genta memutuskan untuk mengajak mereka menaklukkan puncak Mahameru. Tanpa menunggu waktu lama, mereka berlima segera menuju puncak Mahameru. Banyak kesulitan-kesulitan yang mereka alami dan didampingi dengan canda tawa yang membuat bahagia. Merekapun berhasil sampai tujuannya yaitu puncak Mahameru dan mereka sangat senang. Nah, dalam perjalanan mereka menuju puncak terdapat kutipan yang sangat menarik, diantaranya:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan menatap lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang bekerja keras lebih dari biasanya serta mulut yang selalu berdoa."

"Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan ia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia tidak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa."

Ikuti tulisan menarik Dirda Adha lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler