x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 1 November 2023 19:45 WIB

Prodi Bahasa Jerman FBS UNJ Gelar Workshop Penulisan Buku untuk Tingkatkan Kualitas Bahan Ajar

Tingkatkan kualitas bahan ajar bagi dosen, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ gelar workshop penulisan buku

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai upaya meningkatkan kualitas penulisan bahan ajar bagi para dosen, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ menggelar workshop penulisan bukudi Kampus UNJ Rawamangun (1/11/2023). Bertajuk “Workshop Penulisan Buku dan Bahan Ajar” dan dibuka oleh Dr. Ellychristina D. Hutubessy (Koordinator Prodi), workshop ini menghadirkan narasumber Syarifudin Yunus, pegiat literasi dan dosen yang telah menerbitkan 46 buku, termasuk buku bahan ajar seperti Jurnalistik dan Menulis Kreatif.

 

Diikuti 12 dosen Prodi Bahasa Jerman dan dipandu oleh Nada Muthia Zahrah, workshop  lebih menekankan praktik menulis secara langsung. Tulisan ilmiah berbasis pengetahuan, pengalaman, atau perasaan sebagai sumber tulisan. Melalui konsep “be-YOU-tiful writing”, peserta workshop diajak menulis secara praktis. Mulai dari memilih kata dan menuangkan ke dalam bentuk kalimat. Mulai dari mencari masalah hingga membuat pointers yang siap dikembangkan menjadi paragraph sehingga dapat dijadikan tulisan ilmiah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Khusus untuk penulisan buku dan bahan, Syarifudin Yunus, memaparkan tips penulisan yang mengacu pada 1) apa yang menjadi masalah dalam belajar, 2) apa alasan yang kuat untuk dibuatkan buku atau bahan ajar, 3) memilih konsep buku, 4) menyiapkan outline penulisan buku, 5) melengkapi data pendukung, 6) menentukan target waktu, dan 7) mulai menulis hingga tuntas. Hingga akhirnya buku bahan ajar dapat diterbitkan dalam waktu yang tepat.

 

“Cara menulis buku atau bahan ajar ini sangat penting bagi kami di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman. Agar menjadi media belajar bagi mahasiswa. Semoga ke depan, kami dapat realisasikan bahan ajar sendiri. Tentu dengan bimbingan Pak Syarif” ujar Dr. Ellychristina D. Hutubessy, Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Jerman saat memberi sambutan.

 

Melalui workshop ini, peserta diajak untuk memulai dan berani menulis. Karena menulis itu bukan hanya penting. Tapi menulis harus dimulai dari sekarang dan menjadi perilaku. Karena karya ilmiah sehebat apapun harus tetap dituliskan. Sehingga nantinya, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ mulai merintis bahan ajar yang ditulis sendiri, oleh para dosennya.

 

Dalam worskhop penulisan buku dan bahan ajar ini, Syarifudin Yunus juga memberi tugas menulis artikel ilmiah dengan Teknik ”H+7 Jadi”,  bisa menulis 1 paper dalam 7 hari melalui tahapan yang harus ditempuh. Mulai dari menentukan masalah, kajian teori, metodologi, pembahasan dan analisi, hingga simpulan. Sehingga buku atau bahan ajar yag disajikan tetap memenuhi kaidah dan sistematika ilmiah, di samping logis dan objektif.

 

“Saya apresiasi workshop penulisan ini. Agar rekan-rekan pengajar lebih intens untuk menulis ilmiah. Mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri sehingga menjadi karya tulis apapun bentuknya.  Dan resep paling jitu menulis buku adalah tulis, tulis, dan tulis. Jadi, tulislah mulai sekarang” ujar Syarifudin Yunus menutup pemaparannya. Salam literasi #WorkshopPenulisan #WorkshopBahanAjar #DosenMenulis

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu