x

ilustr: Shelters to Shutters

Iklan

Rizkiansyah Eko Nurcahyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 September 2023

Jumat, 17 November 2023 19:13 WIB

Antara Kepuasan Sesaat dan Kebahagiaan Sejati

Kesenangan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu kesenangan jangka pendek dan kesenangan jangka panjang. Kedua jenis kesenangan ini memiliki dua pandangan yang berbeda dan harus dilihat dari sisi yang berbeda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam kehidupan, kita sering dihadapkan kepada pilihan antara kesenangan jangka pendek atau kesenangan jangka panjang. Dalam kesenangan jangka pendek adalah kesenangan yang instan yang dapat dinikmati dengan segera, sedangkan jika kesenangan jangka panjang adalah kesenangan yang dapat dinikmati buat masa depan.
 
Mungkin pada awalnya, kesenangan jangka pendek mungkin terlihat lebih menarik dan membuat kita ingin melakukannya segera, kita mungkin akan menyesal di kemudian hari. Hal ini karena kesenangan jangka pendek dan mungkin saja tidak memberikan manfaat yang bertahan lama.
Namun sebaliknya, jika kesenangan jangka panjang membutuhkan usaha dan pengorbanan di awal. Namun, kesenangan jangka panjang dapat memberikan kita kebahagiaan dan kepuasan yang lebih besar.
 
Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus memilih kesenangan jangka panjang:
  • Kesenangan jangka panjang lebih bermakna. Kesenangan jangka pendek juga bersifat sementara dan tidak memiliki makna yang mendalam. sedangkan jika jangka panjang terkait dengan tujuan hidup kita. Hal ini membuat kesenangan jangka panjang lebih bermakna. 
  • Kesenangan jangka panjang lebih bertahan lama. Kesenangan jangka pendek biasanya hanya bertahan sebentar saja. Setelah itu, kita akan merasa kurang dan ingin mencari kesenangan yang baru lagi. Sementara itu, kesenangan jangka panjang dapat memberikan kita kebahagiaan dan kepuasan yang lebih lama.
  • Kesenangan jangka panjang lebih bermanfaat. Kesenangan jangka pendek juga tidak memberikan manfaat yang nyata bagi hidup kita. Sebaliknya, kesenangan jangka panjang dapat memberikan kita manfaat yang nyata, seperti pekerjaan yang stabil, keluarga yang bahagia dan kepuasan yang kita dapatkan ketika mendapatkan hasil manfaat tersebut.

    Tips untuk Memilih Kesenangan Jangka Panjang:

    • Renungkan tujuan hidup kita. Merenungkan tujuan hidup kita akan membantu untuk menemukan sejatinya kesenangan jangka panjang tersebut buat kita.

    • Tuliskanlah tujuan jangka panjang. Tujuan yang tertulis akan lebih mudah untuk Anda capai.

    • Buatlah rencana untuk mencapai tujuan. Rencana yang jelas akan membantu kita tetap fokus dan termotivasi.

    • Jangan takut untuk menunda kesenangan jangka pendek. Kesenangan jangka panjang yang kita capai akan lebih berharga daripada kesenangan jangka pendek yang kita dapatkan sekarang.

Berdasarkan penjelasan diatas, kita tidak perlu sepenuhnya untuk menghindari kesenangan jangka pendek tersebut, namun kita sebagai individu harus bijak dalam memilih kesenangan jangka pendek yang kita inginkan. Kita perlu memastikan bahwa kesenangan jangka pendek yang kita pilih tidak akan menghalangi untuk mencapai tujuan jangka panjang kita tersebut.
Andaikan kita ingin memiliki hidup yang lebih baik, kita juga harus berani menunda kesenangan jangka pendek demi mencapai manfaat hidup jangka panjang yang lebih baik. Kita tidak akan ketinggalan suatu yang hebat jika menggunakan waktu untuk menjadikan hidup kita lebih baik dalam berproses tersebut, dan percaya akan usaha akan berjalan sama dengan hasil yang kita dapatkan kelak.
 
 

Ikuti tulisan menarik Rizkiansyah Eko Nurcahyo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Spektrum

Oleh: Jerpis M.

Kamis, 23 November 2023 20:55 WIB

Terpopuler

Spektrum

Oleh: Jerpis M.

Kamis, 23 November 2023 20:55 WIB