x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Sabtu, 18 November 2023 18:50 WIB

Literasi dari Kita untuk Kita, Pesan Festival Litrerasi Gunung Salak #6 TBM Lentera Pustaka

Kampanyekan pentingnya anak-anak membaca buku, Taman Bacaan Lentera Pustaka gelar Festival Literasi Gunung Salak #6. Jadikan membaca yang inklusif

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai bagian kampanye mengajak anak membaca buku, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka siap menggelar "Festival Literasi Gunung Salak #6" pada Minggu, 19 November 2022 di Bogor. Kegiatan tahunan sebagai peringatan ulang tahun ke-6 TBM Lentera Pustaka ini sekaligus menggaungkan pentingnya gerakan literasi di tahun politik. Sebuah kesadaran untuk menerima perbedaan dan realitas sebagai inti literasi.

 

Bertajuk “Literasi Dari Kita Untuk Kita”, Festival Literasi Gunung Salak #6 kali ini akan diramaikan 12 penampilan. Diantaranya 1) Stand up comedy Mudy Taylor, 2) Rian Project Reborn Band, 3) Launching Buku Republik Anak Muda Mahasiswa Unindra, 4) Pentas kreasi anak TBM dan KEPRA, 5) Aksi ibu buta aksara, dan 6) penghargaan pembaca terbaik dan relawan teraktif. Tidak kurang dari 250 orang akan hadir dalam “pestanya rakyat taman bacaan” tahunan di kaki Gunung Salak ini. Di akhir acara, akan dilakukan pembukaan "celengan" anak-anak TBM Lentera Pustaka setelah setahun menabung, di samping memvaca buku sebagai bagian literasi finansial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

“Alhamdulillah TBM Lentera Pustaka sudah eksis 6 tahun. Sebagai wujud syukur dan apresiasi kepada anak-anak dan orang tuanya, kami gelar Festival Literasi Gunung Salak #6. Kegiatan ini didukung oleh Bank Sinarmas dan sebagai sarana untuk kampanyekan giat membaca dan gerakan literasi. Ayo baca buku di taman bacaan” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka dalam rilisnya hari ini (19/11/2023).

 

Patut diketahui, sejak berdiri tahun 5 November 2017, TBM Lentera Pustaka awalnya hanya menjalankan 1 program literasi yaitu TABA (TAman BAcaan). Tapi kini telah mengelola 15 program literasi, seperti: TABA, GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA), KEPRA (Kelas PRAsekolah), YABI (YAtim BInaan), JOMBI (JOMpo BInaan), TBM Ramah Difabel, KOPERASI LENTERA, DonBuk (Donasi Buku), RABU (RAjin menaBUng), LITDIG (LITerasi DIGital), LITFIN (LITerasi FINansial), LIDAB (LIterasi ADAb), Rooftop Baca, MOBAKE (MOtor BAca KEliling), dan melek Al Quran. Didukung 5 wali baca dan 12 relawan, TBM Lentera Pustaka kini melayani tidak kurang dari 200 orang pengguna layanan setiap minggunya yang berasal dari 4 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya, Sukajadi). Beroperasi 6 hari dalam seminggu, kecuali Senin.

 

Melalui Festival Literasi Gunung Salak #6, harapannya, taman bacaan menjadi tempat membaca yang lebih inklusif lagi menyenangkan. Sekaligus mengajak semua kalangan, untuk lebih peduli pada gerakan literasi dan aktivitas taman bacaan. Karena dalam hidup, tidak ada orang pintar dan hebat tanpa pengabdian kepada masyarakat, pada kemanusiaan. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka #FestivalLiterasiGunungSalak

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu