x

Iklan

Euis Wahyuningsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 November 2023

Rabu, 22 November 2023 08:21 WIB

Apa Saja Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah?

Dataran rendah merupakan daerah yang dekat dengan daerah pantai atau sungai. Suhunya yang berkisar antara 23 hingga 28 derajat Celcius.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dataran rendah merupakan daerah yang dekat dengan daerah pantai atau sungai. Suhunya yang berkisar antara 23 hingga 28 derajat Celcius sangat cocok dijadikan tempat tumbuh beberapa tanaman budidaya. Tanaman budidaya dataran rendah banyak jenisnya.

Selain jenisnya yang beragam, tanaman yang dibudidayakan mampu mendatangkan keuntungan yang tidak bisa dianggap sepele. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah. 

Sekilas Tentang Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Budidaya tanaman merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam proses pemeliharaan dan pemuliaan tanaman agar tetap lestari dengan menghasilkan manfaat yang tidak terhitung. Tanaman yang dibudidayakan adalah tanaman yang dapat dibudidayakan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman pangan, dan tanaman hias. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Proses budidaya ini memiliki tahapan tertentu dan tentunya hasilnya cukup menggiurkan. Manfaat tanaman budidaya tentu tidak bisa dianggap remeh. Sebab, manfaat yang diperoleh tidak hanya dari segi konsumsi saja, namun juga dari segi ekonomi. 

Selain itu, dengan membudidayakan tanaman akan menambah kesejukan dan menghasilkan udara yang bersih, sehingga lingkungan lebih nyaman dan sejuk. Namun tidak semua tanaman dapat ditanam di dataran rendah, hanya beberapa jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan baik di daerah yang bersuhu panas.

Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Buah Kelengkeng

Buah yang memiliki rasa manis yang kuat ini sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah. Pasalnya, buah kelengkeng tidak membutuhkan suhu yang terlalu ekstrim untuk membuat pohonnya berbunga.

Daya adaptasinya yang tinggi membuat buah kelengkeng dapat ditanam di daerah dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Kelengkeng ada banyak macamnya, yaitu kelengkeng pingpong, kelengkeng merah, itoh, matalada, dan lain sebagainya.

Buah Jeruk

Tanaman lain yang bisa dibudidayakan di daerah dataran rendah adalah buah jeruk. Jenis tanaman ini mempunyai peluang yang tinggi untuk dibudidayakan. Selain rasanya yang khas, namun kandungan buah jeruk juga sangat baik untuk kesehatan. Suhu yang baik untuk menanam buah jeruk adalah antara 20-33 derajat Celcius, dengan pH 5,6 hingga 7. 

Proses penanaman buah jeruk dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara vegetatif atau stek, dan juga secara generatif dengan memilih bibit unggul dari benih terpilih. biji. kualitas.

Buah Jambu Biji

Jenis tanaman budidaya dataran rendah lainnya adalah buah jambu biji. Buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan dipercaya mampu mengobati diare. Jambu biji sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah dan proses perawatannya tidak sulit. Rasanya yang manis menyegarkan dan teksturnya yang renyah cukup digemari. 

Buah Mangga

Selain itu, buah mangga juga merupakan salah satu jenis tanaman budidaya dataran rendah yang bisa ditanam. Buah ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Perawatannya bisa dibilang cukup sederhana, itulah sebabnya banyak orang yang membudidayakan tanaman buah ini. Buah mangga mempunyai banyak varian antara lain mangga arumanis, endog, kemang, madu, golek, manalagi dan varian lainnya.

Buah Pisang

Tanaman buah pisang juga sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah. Jenis tanaman budidaya dataran rendah ini cukup banyak dijumpai di pekarangan rumah. Pisang sering dijadikan sebagai makanan alternatif yang dikonsumsi para pelaku diet.

Oleh karena itu budidaya tanaman pisang cukup digemari, selain enak untuk dikonsumsi juga bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Diantara varian buah pisang yang bisa ditanam adalah pisang mas, raja, susu, pisang ambon dan lain sebagainya.

Buah Rambutan

Rambutan merupakan salah satu jenis tanaman budidaya dataran rendah yang sayang sekali jika tidak ditanam dan dijadikan ladang usaha. Cara penanamannya pun bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Budidaya buah rambutan mempunyai peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Selain banyak digunakan sebagai bahan pokok olahan makanan, budidaya tanaman jenis ini bisa dilakukan dengan perawatan yang mudah. Jenis rambutan yang bisa ditanam antara lain Narmada, Garuda, Sinyonya, Rapiah, Binjai dan lain sebagainya.

Buah Leci

Tanaman buah leci merupakan salah satu jenis tanaman budidaya dataran rendah yang memiliki rasa manis yang menyegarkan. Buah ini biasanya tidak memerlukan perawatan yang rumit, misalnya tidak perlu disiram secara teratur, karena suhu yang rendah dapat membantunya untuk terus tumbuh dan berkembang.

Tanaman leci tentu mempunyai potensi yang tinggi untuk dibudidayakan. Dari segi ekonomi, buah leci sering dimanfaatkan sebagai sirup, selai, roti, permen dan lain sebagainya.

Bunga Mawar

Tanaman hias bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman budidaya dataran rendah yang cocok untuk ditanam. Ratu segala bunga tentunya banyak dicari orang. Selain aromanya yang harum, tanaman ini juga mudah tumbuh. Budidaya bunga mawar tentu menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Pasalnya, aromanya yang harum membuat bunga ini dijadikan bahan pengharum, parfum, teh, bahan kue dan lain sebagainya.

Bunga Anggrek

Bunga yang memiliki aroma khas ini biasanya tumbuh di daerah bersuhu 21 derajat Celcius. Ada berbagai jenis anggrek yang dapat tumbuh di dataran rendah. Bunga ini dikenal sebagai bunga cantik dengan batang kokoh dan mekar tahan lama. Budidaya tanaman anggrek tentunya tidak bisa dianggap remeh, keuntungan bisa dipetik bila berhasil membudidayakan tanaman anggrek.

Demikian ulasan artikel tentang Apa Saja Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah seperti yang dilansir alexistogel resmi. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Euis Wahyuningsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB