x

Sumber gambar: ElnusaNews

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 24 November 2023 18:01 WIB

Apakah Masih Efektif Penggunaan Baliho Sebagai Media Kampanye?

Efektivitas penggunaan baliho sebagai media kampanye dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti target audiens, tujuan kampanye, dan konteks lokal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Efektivitas penggunaan baliho sebagai media kampanye dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti target audiens, tujuan kampanye, dan konteks lokal. Sejumlah faktor ini perlu dipertimbangkan:

1. Target Audiens:

  • Jika target audiens Anda adalah orang-orang yang sering berada di luar ruangan dan melewati area dengan banyak baliho, maka baliho masih bisa menjadi media yang efektif. 
  • Jika target audiens Anda lebih aktif di media sosial atau platform online, strategi kampanye digital mungkin lebih efektif daripada baliho.

2. Konteks Lokal:

  • Beberapa daerah mungkin memiliki aturan ketat terkait dengan pemasangan baliho atau iklan luar ruangan, yang dapat membatasi efektivitasnya.
  • Perilaku konsumen dan respons terhadap iklan luar ruangan dapat bervariasi tergantung pada budaya dan konteks sosial setempat.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

3. Tujuan Kampanye:

  • Jika tujuan kampanye Anda adalah meningkatkan kesadaran di tingkat lokal atau menargetkan pemilih dalam suatu wilayah tertentu, baliho dapat memberikan paparan yang signifikan.
  • Jika tujuan Anda lebih terfokus pada interaksi langsung atau keterlibatan pemilih, metode kampanye lain seperti kampanye pintu ke pintu atau acara-acara komunitas mungkin lebih efektif.

4. Kemajuan Teknologi:

  • Kemajuan teknologi telah membawa pergeseran signifikan dalam perilaku konsumen. Seiring dengan popularitas media digital, strategi kampanye online, termasuk iklan digital dan pemasaran konten, menjadi semakin penting.

5. Biaya dan Efisiensi:

  • Baliho fisik memerlukan biaya produksi, pemasangan, dan pemeliharaan. Perbandingan biaya efektivitas dengan media lain, seperti iklan online atau televisi, harus dipertimbangkan.

Secara umum, penggunaan baliho masih bisa efektif dalam beberapa situasi, terutama jika target audiens utama berada di area tertentu dan memiliki paparan langsung terhadap baliho tersebut. Namun, kombinasi strategi kampanye yang mencakup baik media tradisional maupun digital seringkali menjadi pendekatan yang lebih efektif untuk mencapai audiens yang beragam.

***
Solo, Jumat, 24 November 2023. 2:01 pm
Suko Waspodo

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu