x

Karyawan berjalan di Bandara Internasional Arlanda yang terlihat sepi atas mewabahnya virus corona sehingga banyaknya penerbangan yang dibatalkan di Stockholm, Swedia, 12 Maret 2020. TT News Agency/ Fredrik Sandberg via REUTERS

Iklan

Nicholea Billy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Jumat, 8 Desember 2023 19:26 WIB

Konsesi Pandemi Covid-19 Resmi Berakhir

Pada tanggal 23 November 2023, Pemerintah Australia mengumumkan penghentian masa konsesi visa Covid-19 untuk semua visa yang terdampak sejak 25 November 2023. Tapi beberapa konsesi visa masih tetap berlaku.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada tanggal 23 November 2023, Pemerintah Australia mengumumkan penghentian masa konsesi visa Covid-19 untuk semua visa yang terdampak. Penghentian ini akan berlangsung pada 25 November 2023. Beberapa konsesi visa akan tetap berlaku untuk aplikasi visa tertentu yang diajukan pada tanggal tertentu.

Lihat di bawah ini bagaimana perubahan tersebut memengaruhi setiap visa Australia.

Visa yang Disponsori Pemberi Kerja (Employer-Sponsored Visas)

Konsesi Covid-19 berikut ini akan dihapus secara bertahap:

  • Periode pengurangan kerja karena Covid-19 tidak akan dihitung dalam memenuhi persyaratan pengalaman kerja untuk aplikasi nominasi aliran ENZ/RMS TRT yang baru.
  • Kelonggaran Covid-19 untuk pengecualian usia bagi pemohon dengan pendapatan tinggi tidak akan berlaku untuk aplikasi visa ENS/RMS yang baru.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengecualian usia untuk pekerja lama 257 di Australia selama 12 bulan selama pandemi, dari 1 Februari 2020 hingga 14 Desember 2021, akan berlaku untuk aplikasi visa ENS yang diajukan sebelum 1 Juli 2024.

Oleh karena itu, mulai 25 November 2023, nominasi baru untuk Visa 186, Visa 494, dan semua aliran transisi tinggal sementara di bawah visa yang disponsori oleh pemberi kerja akan mewajibkan pemegang visa 482 untuk telah bekerja di posisi dengan pemberi kerja yang mensponsori mereka. Jika tidak, telah bekerja di bidang praktisi medis dan eksekutif tertentu, selama 2 dari 3 tahun sebelumnya.

Visa Regional Terampil (Skilled Regional Visa)

Konsesi ini sebelumnya berlaku untuk subkelas 887, dan selanjutnya akan berlaku sejak 25 November 2023:

  • Semua pemohon visa subkelas 887 yang memenuhi syarat harus berada di Australia tetapi tidak dalam proses izin imigrasi saat mengajukan permohonan
  • Akses ke periode kerja yang lebih pendek dan persyaratan tempat tinggal regional akan dihentikan

Pemohon hanya dapat mengakses kelonggaran persyaratan kerja di bawah ini:

  • Memegang visa sementara terampil yang memenuhi syarat selama periode konsesi; dan
  • Membuat aplikasi yang valid dalam waktu 3 bulan sejak Senin, 26 Februari 2024

Visa Keluarga (Family Visas)

Konsesi Covid-19 tidak lagi berlaku untuk pemohon visa Pasangan dan Anak tertentu yang tidak berada di Australia selama periode konsesi Covid-19. Harap diperhatikan bahwa periode konsesi Covid-19 dimulai dari 1 Februari 2020 hingga 25 November 2023.

Namun, semua pemohon visa Mitra dan Anak yang mengajukan permohonan sebelum tanggal 26 November 2023, dan berada di Australia kapan saja selama periode konsesi, akan terus memenuhi syarat untuk mendapatkan konsesi Covid-19.

Visa Program Inovasi Bisnis dan Investasi (Business Innovation and Investment Program Visas)

Konsesi Covid-19 akan tetap berlaku untuk 188 Visa - Aliran Perpanjangan Inovasi Bisnis dan 888 visa di bawah semua aliran, yang diajukan sebelum akhir hari Senin, 26 Februari 2024.

Visa Perusahaan Safe Haven (Safe Haven Enterprise Visa)

Ada dampak minimal pada program visa Safe Haven Enterprise. Pemerintah Australia telah menyediakan jalur tinggal permanen bagi pemegang visa Safe Haven Enterprise melalui visa Resolution of Status (subkelas 851).

Visa Lulusan Sementara (Temporary Graduate Visa)

Penutupan konsesi Covid-19 mengharuskan semua aplikasi untuk semua aliran visa Lulusan Sementara diajukan di dalam negeri mulai 25 November 2023. Sementara itu, aplikasi pendatang berikutnya dapat dilakukan di dalam atau di luar Australia.

Pemberian aplikasi kepada pemohon di dalam atau di luar Australia akan terus berlanjut.

Jadi, apa yang harus dilakukan setelah penutupan konsesi visa Covid-19?

Pastikan Anda mendapatkan informasi terbaru tentang penutupan konsesi Covid-19, karena hal ini akan berdampak langsung pada aplikasi visa dan rencana migrasi Anda.

Jika Anda merasa penutupan konsesi Covid-19 sangat berdampak pada aplikasi visa Anda, pertimbangkan untuk berbicara dengan Agen Migrasi Terdaftar kami dan atur rencana migrasi Anda tanpa khawatir.

Ikuti tulisan menarik Nicholea Billy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu