x

Iklan

Ahmad Zidane

Ahmad Zidane
Bergabung Sejak: 8 Desember 2023

Senin, 11 Desember 2023 06:21 WIB

Yuk, Gunakan Chat GPT dengan Baik dan Benar

Perngaruh Chat GPT terhadap generasi Z.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hai! Di zaman sekarang siapa, sih, yang tidak tahu Chat GPT? Benar, Chat GPT adalah teknologi berupa chatbot AI yang digunakan manusia untuk menyelesaikan masalah dengan bahasa yang canggih. Artikel ini menjelaskan Chat GPT secara mendalam seperti manfaat Gen Z  terhadap Chat GPT, kerugian Gen Z  terhadap Chat GPT, cara memakai Chat GPT dengan baik dan benar, dan terakhir pengaruh Chat GPT terhadap Gen Z .

Penasaran? stay tune.

Manfaat Dan Kerugian Chat GPT terhadap Gen Z

Manfaat Chat GPT terhadap Gen Z:

  1. Pemecahan Masalah Dengan Inovatif
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gen Z dikenal dengan pemikiran inovatifnya, lho! Chat GPT memiliki kemampuan untuk membantu memecahkan masalah secara kreatif. Mereka memanfaatkan keterampilan ini untuk mengeksplorasi cara baru dalam memecahkan masalah dengan  kreatif.

  1. Kolaborasi Digital

Kenapa kolaborasi adalah kekuatan utama Gen Z ? karena Chat GPT dapat memberikan manfaat terhadap kolaborasi digital, dengan potensi aplikasi ini diskusi kelompok, brainstorming, dan pengambilan keputusan bersama jauh lebih mudah.

  1. Pemberi Umpan Balik

Generasi ini dapat memberikan umpan balik berharga terhadap Chat GPT, yang dapat membantu pengembang menyempurnakan sistem dan mengatasi batasannya.

Kekurangan Chat GPT terhadap Gen Z :

  1. Ketergantungan pada Teknologi:

Meskipun Chat GPT dapat membantu pemecahan masalah dengan baik, ketergantungan  pada Chat GPT bisa membahayakan, lho! Faktanya, keberadaan Internet membuat masyarakat meragukan pengetahuan dan ingatannya sendiri, sehingga menimbulkan dorongan untuk mengecek ulang apa yang mereka lakukan melalui Internet. Akibatnya, otak Anda menjadi malas saat mencoba mengingat sesuatu.

  1. Harapan akan Kepuasan Instan

Gen Z ingin Hidup serba instan. Mereka mungkin mengharapkan respons yang cepat dan akurat dari platform Chat GPT. Namun Chat GPT tidak bisa sepenuhnya menjawab dengan respons yang cepat dan akurat dikarenakan Chat GPT informasi yang diberikan hanya berdasarkan temuan dari data dan bukan berdasarkan pengalaman atau pengetahuan langsung.

  1. Penyalahgunaan Chat GPT

 Kreativitas Gen Z  kadang-kadang dapat muncul dalam bentuk yang tidak diinginkan. Ada risiko Chat GPT disalahgunakan untuk menyebarkan informasi yang salah seperti berita hoax atau informasi palsu, menghasilkan konten yang tidak pantas seperti prnografi atau ujaran kebencian, atau terlibat dalam aktivitas online yang merugikan. Faktanya tidak sedikit orang yang terkena dampak dari penyalahgunaan  Chat GPT. Oleh karena itu kita harus menggunakan Teknologi dengan baik dan benar.

Menggunakan Chat GPT Baik dan Benar

Langkah-langkah menggunakan Chat GPT :

  • Akses situs web Chat GPT.
  • Jika belum memiliki akun, langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran di Chat GPT.
  • Lakukan login menggunakan akun yang telah dibuat.
  • Navigasi ke ruang obrolan
  • Susun pertanyaan atau perintah dengan kalimat yang jelas dan singkat.

Penggunaan kata-kata yang rumit dapat meningkatkan tingkat ketepatan respons dari Chat GPT. Pastikan  kalian menyusun kata-kata dengan baik dan benar, karena hal ini akan membantu model dalam menghasilkan jawaban yang lebih relevan dan akurat.  Jika kalian menyusun kata-kata dengan bagian-bagian kecil untuk memudahkan pemahaman model. Interaksi dengan Chat GPT dapat menjadi lebih efisien dan memberikan hasil yang lebih memuaskan.

Pengaruh Chat GPT terhadap Gen Z

Tanpa disadari pengaruh Chat GPT berdampak sangat signifikan terhadap Gen Z. mengapa demikian ?

Secara keseluruhan, Chat GPT mempunyai dampak signifikan terhadap gaya komunikasi, perilaku pencarian informasi, metode pembelajaran, dan proses kreatif Gen Z. Ketika generasi ini terus membentuk lanskap digital, dampak antarmuka obrolan berbasis AI kemungkinan besar akan semakin meningkat. Preferensi dan harapan mereka.

Sumber dari :

Choirul Anwar,Ilham. 2023. Bagaimana Cara Login Chat GPT dari Open AI? https://tirto.id/bagaimana-cara-login-chat-gpt-dari-open-ai-gFjX (diakses 12-10-2023).

Hardiansyah, Zulfikar. 2023. Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT serta Manfaatnya dalam Membantu Pekerjaan. https://tekno.kompas.com/read/2023/11/06/18150077/kelebihan-dan-kekurangan-chatgpt-serta-manfaatnya-dalam-membantu-pekerjaan?page=all (diakses 12-10-2023).

Ikuti tulisan menarik Ahmad Zidane lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB