x

Iklan

Rendi Yulio Pramudita

Mahasiswa Aktif Universitas Pembangunan Jaya
Bergabung Sejak: 12 Desember 2023

Selasa, 12 Desember 2023 13:23 WIB

AI itu Plagiarisme!

Menggunakan AI bisa kena aturan palgiarisme, loh.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapa sih di sini yang gak tau AI? Kemungkinan besar dari kalian pasti pernah menggunakan AI seperti untuk mencari jawaban, mencari resep masakan dan untuk hal lainnya. Faktanya AI menggunakan data dari wikipedia, Common Crawl, Reddit dengan 1,7 miliar token, WebText 45 juta dokumen dan 18,6 miliar token, Books Corpus dengan 74 ribu dokumen dan 800 juta token, data berita yang diambil dari 680 juta token terdiri dari berbagai sumber seperti CNN, BBC, dan Reuters. Nahh, selanjutnya saya akan menjelaskan kenapa AI itu termasuk Plagiarisme.

Menggunakan Data Tanpa Sumber

Menurut Dina W Kariodimedjo, PhD. Dosen FH UGM, data yang diambil dari AI besar kemungkinan akan terdeteksi plagiat karena berasal dari berbagai sumber tanpa menyebutkan sumber datanya. Nahh, jika hasil dari AI menyerupai teks dari sumber lain tanpa memberikan sumbermya, itu dapat dianggap sebagai plagiarisme. Kalo AI dipake bikin teks tapi gak kasi tahu sumbernya, bisa dianggap kayak nyontek ide orang. Sementara unsur plagiarisme itu menyangkut pengambilan atau penggunaan pemikiran, tulisan, invensi atau ide kepunyaan orang lain.

Maling Artikel

Menggunakan AI berpotensi terkena plagiarisme. Karena AI banyak mengcopi karya orang lain. Founder and CEO Brain Corp, Romi Satria Wahono, PhD, mengatakan, penulisan karya ilmiah menggunakan platform Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan berpotensi sebagai plagiarisme. Sebab chat menggunakan platform AI atau chat GPT (Generative Pre-Trained Transformer) banyak mengcopi karya orang lain tanpa menyebut sumbernya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jadi kalau kita menggunakan AI itu boleh, tapi cuma untuk membantu nyari ide topik dan pengerjaan penelitian di awal saja, untuk mencari data yang lebih spesifik seharusnya tidak menggunakan AI karena dapat menyebabkan plagiarisme.

Ikuti tulisan menarik Rendi Yulio Pramudita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB