x

Ilustrasi sepeda fixie. Gambar oleh SnapwireSnaps dari Pixabay

Iklan

Abdurrahman Hakim Makarim

Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya Program Studi Informatika 2023071019
Bergabung Sejak: 18 Desember 2023

Selasa, 19 Desember 2023 07:08 WIB

Apa Kabar Sepeda Fixie yang pernah Hit Dulu Itu?

Sepeda fixie pernah populer di Indonesia sekitar 2009-2010. Sepeda ini cukup sederhana, tanpa rem, dan hanya punya satu kecepatan. Artikel menjelaskan pengertian fixie, cara merawatnya, tips memilih fixie, serta mengajak pembaca tertarik untuk mencoba sensasi bersepeda gaya fixie.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah kalian masih ingat tentang tren bersepeda di tahun 2020 lalu--di saat dunia sedang dilanda wabah pandemi Covid-19? Saat itu semua orang dengan sukarela akhirnya menjalani hidup sehat. Mereka mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan, makan-makanan sehat dan juga berolahraga.

Salah satu olahraga yang  booming, khususnya di Indonesia pada saat itu, adalah bersepeda. Banyak sekali muncul di daerah perkotaan orang-orang berkeliling kota dengan sepeda. Beragam sekali jenis sepeda yang mereka gunakan untuk dijadikan transportasi sehat saat itu.

Tetapi, apa kalian masih mengingat jenis sepeda fixie? Jenis sepeda ini ternyata pernah populer juga di Indonesia sekitar tahun 2009-2010. Menurut kalian, sepeda ini apakah cocok untuk dipakai sehari-hari meskipun banyak jenis sepeda di pasaran seperti sepeda gunung, sepeda balap dan sebagainya. Mari kita kulik dalam artikel ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengertian Sepeda Fixie

Sepeda fixie (fixed gear) merupakan sepeda tanpa pedal, rem dan hanya memiliki 1 kecepatan.  Rantai dan roda belakangnya menyatu tanpa ada mekanisme percepatan atau pengereman. Dari penjelasan tersebut pun kita dapat membayangkan betapa simpelnya sepeda ini. Dan kenapa sih tidak ada rem? Dilansir dari blog Serbasepeda, alasan fixie tidak memiliki rem karena untuk tampilan yang simpel, serta biasanya hanya digunakan dalam kecepatan yang rendah.

Lalu, bagaimana jika kita ingin berhenti? Kalian bisa melakukan gerakan rem bernama skid, yakni menahan pedal ke arah berlawanan. Cara ini bermaksud agar gir pada sepeda melambat, tetapi teknik pengereman ini akan membuat roda tergelincir, dan cara ini biasa digunakan oleh pesepeda yang sudah ahli. Kalau kalian ingin cara yang aman, tenang saja. Menambahkan rem tidak masalah kok, karena keamanan itu penting.

Cara Merawat

Sepeda fixie identik dengan kesederhanaan. Merawatnya pun tidaklah sulit, asal konsisten. Fokuslah pada 3 komponen vital: rantai, ban, dan rem. Jaga rantai tetap kuat dan terawat, memastikan fixie tetap bertenaga. Periksa tekanan ban sesuai standar agar awet dan nyaman dikendarai. Jika kalian memasang rem, rawatlah juga kampas rem dan kabelnya agar pengereman aman.

Selain itu, setang dan sadel juga berpengaruh pada kenyamanan. Pastikan keduanya pas dan ergonomis bagi tubuhmu. Dengan sedikit perhatian, fixie kesayangan siap menemani hari-harimu. Pedal terus dan nikmati petualangan bersama fixie-mu! Karena merawatnya tak sesulit yang kau bayangkan.

Memilih sepeda fixie yang cocok

Setelah kalian membaca pengertian dan cara merawat sepeda fixie di atas, mungkin terbesit dalam benak pikiran kalian untuk memulai bersepeda. Berdasarkan sumber dari takterlihat.com yang membahas cara memilih sepeda fixie, berikut adalah tips dan saran untuk menjadi bahan pertimbangan kalian mencoba bersepeda fixie,

  1. pertama, pilihlah rangka fixie dari bahan yang tepat. Baja lebih murah dan awet, aluminium lebih ringan dan mahal, sementara karbon paling ringan, tetapi sangat mahal. Pilihlah sesuai preferensi dan budget kalian masing-masing,
  2. kedua, pemilihan ukuran roda harus disesuaikan dengan tinggi badan amsing-masing. Pilihlah di antara ukuran 26 inch hingga 700c. Rentang ukuran tersebut cocok untuk kalian yang memiliki tinggi badan di rentang 150 hingga 180 cm,
  3. ketiga, pasanglah rem jika kalian mementingkan keselamatan, meskipun fixie tidak memiliki rem. Pilihlah jenis rem Bernama rim brake, tipe ini tetap membuat sepeda terlihat simpel dan juga mudah dipasang,
  4. keempat, jangan abaikan sadel. Pilihlah sadel yang pas dengan bentuk tubuh agar nyaman dikendarai lama. Kalian pasti tidak mau dong saat kalian berkendara, malah merasakan sakit.

Sepeda fixie memang unik karena desain simpel tanpa rem dan percepatan. Meski begitu, jangan remehkan perawatannya ya! Fokuslah pada 3 komponen vital: rantai, ban, dan rem (jika dipasang). Pastikan semuanya prima kondisi agar aman dikendarai. Kesimpulannya, fixie cocok untuk kalian yang menyukai sensasi bersepeda unik dan menantang. Selain tampil stylish, naik fixie juga melatih skill bersepeda. Asalkan memilih komponen yang pas dan merawatnya dengan baik, fixie bisa jadi partner setia dalam petualangan sehari-hari.

Jadi, tertarik mulai bersepeda gaya fixie? Pilihlah model dan warna kesukaanmu. Siapkan mental dan otot, lalu kayuh pedalnya! Rasakan sensasi kebebasan menguasai jalanan bersama si keren fixie.

Daftar Pustaka

Serbasepeda, Cek Berbagai Jenis Rem Sepeda Disini! - Serbasepeda Blog. Diakses pada 6 Desember 2023

takterlihat, cara-memilih-sepeda-fixie – takterlihat.com. Diakses pada 6 Desember 2023

Ikuti tulisan menarik Abdurrahman Hakim Makarim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu