x

Iklan

Nandini Dwi Tantry

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Oktober 2023

Selasa, 19 Desember 2023 07:11 WIB

Rich Money Poor Money

Mengelola uang yang akan menghasilkan keuntungan besar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kalian tau ga sih arti dari rich money poor money? kata-kata  tersebut diambil dari bahasa Inggris yang berarti uang kaya dan uang miskin. Di sini kita tidak membicarakan tentang hasil atau gaji dari pendapatan, tetapi membahas kegiatan pengelolaan uang .

Jadi, uang kaya itu bagaimana orang membuat uang tersebut bekerja dengan membuka bisnis, berinvestasi ke perusahaan-perusahaan yang bagus untuk mendapatkan keuntungan, dan pintar mengkelola uang yang harus di gunakan. Sedangkan uang miskin itu orang yang hanya mendapatkan uang untuk makan sehari-hari tanpa memikirkan dana darurat dan berinvestasi. Maka dari itu,masyarakat disini harus pintar melakukan pengeluaran uang. Perlu juga membuat struktur atau menyusun dan dapat memahami serta memilih antara kebutuhan dan keinginan.

Kenapa sih kita membahas tentang ini, karena banyak masyarakat yang kurang mengerti dari konsep uang. Disini kita bedah semua tentang money atau uang, uang didunia menjadi alat tukar barang maupun jasa dan banyak lagi yang bisa di tukar dengan uang, Nah, itu mengapa pentingnya uang dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat harus pintar me-manage keuangan supaya tidak cepat habis, ini berikut gimana caranya me-manage uang agar lebih pintar menggunakan uang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

  1. Mencatat Pendapatan Dan Pengeluaran.

Sering kali kita ga peduli tentang mencatat pendapatan dan pengeluaran atau kita terkadang suka bingung di akhir bulan uangnya pergi kemana. Maka dari itu, mencatat pendapatan dan pengeluaran ini bisa tau kemana uangnya pergi.

 

  1. Perhatikan Hal-Hal Kecil.

Jangan hambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting, contohnya sudah punya sepatu dan masih layak pakai, namun beli lagi. Seharusnya uangnya lebih baik di simpan  untuk keperluan pokok. Kita harus memikirkan hal kecil tersebut demi meminimalisir pengeluaran.

 

  1. Jangan Belanja Demi Gengsi.

Membeli barang untuk memenuhi gengsi dan mengikuti gaya hidup itu sangat salah, karena gaya hidup di dunia selalu bertumbuh dan tidak akan ada habisnya untuk memenuhi hasrat gengsi ini.

 

  1. Disiplin Dalam Menabung.

Menabung ini merupakan hal yang lumayan penting untuk di gunakan sebagai dana darurat, tetapi  harus ingat dengan inflasi di Indonesia lumayan tinggi.

 

  1. Jangan Takut Berinvestasi.

 Investasi juga salah satu cara keluar dari inflasi tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk berinvestasi, perlu di ingat investasi memiliki resiko tinggi. Maka dari itu, lebih bagus investasi kepala keatas yang akan terpakai sampai kapan pun.

 

Maka dari itu, mengelola keuangan itu banyak yang harus dilibatkan seperti perencanaan, kedisiplinan, dan pemahaman untukpengeluaran serta pendapatan. Penting untuk membuat catatan pengeluaran dan pemasukan, tabungan, dan berinvestasi dengan pintar untuk meraih kestabilan atau keuntungan, dengan demikian keuangan yang kita manage akan lebih stabil dan bisa lebih cerdas mengaluarkan dana.

 

 

Referensi :

https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/7-tips-mengatur-keuangan-agar-tabunganmu-terus-bertambah

https://info.populix.co/articles/cara-mengatur-keuangan/

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Money-rich,_time-poor

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Nandini Dwi Tantry lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler