x

Iklan

Kata Teman Saya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 November 2023

Kamis, 21 Desember 2023 07:48 WIB

Silang Layan, Salah Satu Inovasi Perpustakaan MTsN 9 Bantul


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 9 Bantul)--Perpustakaan MTsN 9 Bantul luncurkan Silang Layan (SILLA) sebagai salah satu inovasi perpustakaan Literarium Library. SILLA adalah bagian dari inovasi atau bentuk kerja sama yang terjalin dengan pihak di luar madrasah guna saling bertukar informasi melalui tukar silang koleksi buku dengan perjanjian jelas dan azas sepakat. SILLA adalah salah satu dari 9 inovasi layanan perpustakaan Netralib (Nine Transformation Literarium Library) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di MTsN 9 Bantul.

 

SILLA tidak memiliki sasaran instansi terpilih, hanya saja kedua belah pihak saling membuka informasi dan terbuka untuk melanjutkan kerjasama yang sangat bermanfaat. Disinilah peran pustakawan perpustakaan harus lebih terampil, awas, dan lebih berhati-hati dalam melakukan layanan peminjaman kepada pemustaka, sehingga dalam menguatkannya, perpustakaan ini memiliki petunjuk peminjaman koleksi khusus silang layan kepada pemustaka yang menghendaki pinjam. Koleksi silang layan raknya terdisplay di rungan perpustakaan. SILLA Perpustakaan Literarium Library saat ini sudah menjalin dengan sekolah MTsN 4 Bantul dan SMAN 1 Banguntapan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati menjelaskan bahwa Silang Layan ini merupakan inovasi yang sangat menguntungkan bagi perpustakaan. Selain menjalin silaturahmi dengan instansi lain, kita juga bisa menambah ketersediaan koleksi buku yang dibutuhkan.

 

“Karena tuntutan kebutuhan buku yang semakin banyak dan koleksi buku perpustakaan kita yang terbatas, inovasi silang layan ini bisa membantu dan memungkinkan kita untuk mencari informasi ketersediaan buku di instansi lain. Semoga program ini sukses kedepannya,” harap Atik, sapaan akrabnya. (as)

Ikuti tulisan menarik Kata Teman Saya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler