x

Sumber: StockSnap/Pixabay.

Iklan

Kata Teman Saya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 November 2023

Selasa, 19 Desember 2023 16:36 WIB

Bersih Literarium Library, Salah Satu Inovasi Perpustakaan MTsN 9 Bantul

Bersih Literarium Library (BERARY) ini adalah kegiatan inovasi perpustakaan untuk perawatan koleksi perpustakaan. Kegiatan ini rutin dilakukan tiap hari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 9 Bantul)--Perpustakaan MTsN 9 Bantul meluncurkan program Bersih Literarium Library (BERARY) sebagai salah satu program inovasi layanan di Literarium Library. Bersih Literarium Library (BERARY) ini adalah kegiatan inovasi perpustakaan untuk perawatan koleksi perpustakaan. Kegiatan ini rutin dilakukan tiap hari. Pagi sebelum aktivitas pelayanan pemustaka, pengelola perpustakaan bekerja sama untuk kerja bebersih lingkungan perpustakaan termasuk didalamnya koleksi perpustakaan.

Perawatan koleksi harus dilakukan rutin untuk menghindari koleksi perpustakaan yang rusak akibat dari gangguan semut, rayap, dan serangga lain yang bisa melahap habis koleksi dalam hitungan cepat. BERARY melibatkan keseluruhan pengelola perpustakaan ikut berpartisipasi dan bekerja sama saling melengkapi dan mencukupi. Sasaran utamanya adalah pada kebersihan debu dan lantai, dimulai dari kegiatan menyapu, mengepel, dan membersihkan rak koleksi.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pustakawaan MTsN 9 Bantul, Nur Ikhsan Endy memaparkan bahwa kegiatan BERARY ini adalah kegiatan rutin setiap hari. Hal ini merupakan kegiatan kebersihan agar pengunjung bisa merasa lebih nyaman berada di perpustakaan.

 

“Kegiatan dimulai dari membersihkan berbagai kotoran baik debu dan serangga pemakan buku guna perawatan buku lebih baik dan tahan lama. Kebersihan area perpustakaan dan pojok baca juga dimaksudkan untuk menarik perhatian pengunjung agar nyaman saat membaca,” papar Ikhsan. (as)

 

 

Ikuti tulisan menarik Kata Teman Saya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler