x

Ilustrasi Media Sosial. Buffik dari Pixabay.com

Iklan

Della lutfiani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Desember 2023

Selasa, 19 Desember 2023 16:36 WIB

Konsep Diri Pada Perkembangan Teknologi Komunikasi Di Era 4.0

Perkembangan Teknologi sekarang sudah sangat luas dan tidak ada batasan untuk setiap individu mengakses apapun yang ada di media sosial maupun internet, oleh karena itu kita harus bisa lebih berhati hati dalam menggunakan teknologi yang ada, dan menjaga diri untuk tidak ikut terkena permasalahan yang ada di perkembangan teknologi komunikasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengembangan konsep diri dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi sekarang telah mengubah cara manusia saling berinteraksi antar satu sama lain. Seperti contohnya di era sekarang, teknologi yang ada sudah sangat canggih dan memudahkan para khalayak khususnya para remaja untuk mendapatkan informasi dari manapun. Sehingga perkembangan teknologi komunikasi pada era 4.0 sangat berpengaruh terhadap aspek kehidupan, seperti dalam hal pendidikan, gaya hidup dan pekerjaan.
 
  • Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi
Perkembangan teknologi komunikasi memiliki sejarah, berikut periode sejarah perkembangan teknologi komunikasi:
 
1. Periode Prasejarah
Pada periode prasejarah ini cara manusia berkomunikasi masih menggunakan ekspresi wajah, bahasa tubuh, bunyi, dan tanda-tanda atau gambar yang biasa di ukir di dinding gua, untuk menyampaikan pesan atau maksud yang ingin mereka sampaikan.
 

2. Periode Klasik

Pada periode klasik manusia sudah mulai mencoba mengembangkan teknologi untuk mereka berkomunikasi, seperti contohnya mereka membuat surat, telegraf optik, dan teropong.
 
3. Periode Modern
Periode modern ini sudah banyak manusia mengembangkan teknologi yang menggunakan listrik. Contohnya televisi, yang digunakan untuk mendapatkan dan menyebarluaskan informasi maupun hiburan lewat visual, sedangkan radio digunakan untuk mendapatkan dan menyebarluaskan informasi saja, dan telepon untuk saling berkomunikasi dari jarak jauh.
 
4. Periode Kontemporer
Periode kontemporer ini manusia mulai membuat teknologi digital, seperti contohnya telepon seluler, komputer dan internet yang digunakan untuk saling berkomunikasi jarak jauh.
 
  • Konsep Diri Dalam Perkembangan Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi sekarang sudah membuat lebih mudah semua manusia untuk mengakses informasi tanpa adanya batasan. Kehidupan di zaman sekarang berkomunikasi bukan lah hal yang sulit lagi bukan? sudah banyak sekali cara canggih untuk saling berkomunikasi menukar informasi maupun cerita antar individu, bahkan kita semua bisa dengan mudah mengetahui berbagai budaya lainnya dengan menggunakan teknologi yang ada sekarang ini.
 
Namun cara yang efektif untuk menggunakan teknologi sekarang ini yaitu, menguasai perkembangan teknologi atau tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi yang ada. Perkembangan teknologi komunikasi ini tidak membatasi penggunanya untuk mengakses informasi yang tersebar, sehingga banyak penggunanya yang menjadi terpengaruh negatif.
 
  • Permasalahan Pada Perkembangan Teknologi Komunikasi
a. Ketergantungan kepada teknologi
Banyak remaja atau anak anak yang terlalu ketergantungan terhadap teknologi sekarang, seperti gadget. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk bermain media sosial, game dan lainnya, sehingga membuat mereka lupa waktu.
 
b. Cyberbullying dan pelecehan
Hal ini sering terjadi kepada para pengguna khususnya media sosial, banyak yang terkena ujaran kebencian dan pelecehan online, karena kurang berhati hati dalam menggunakan media sosial.
 
c. Penyebaran hoax
Karena perkembangan teknologi tidak bisa membatasi penggunannya mangakses informasi darimanapun, banyak yang terkena informasi atau berita palsu, bahkan ada yang sampai tertipu karena mudah percaya informasi yang tidak benar.
 
d. Tidak menyesuaikan etika menggunakan teknologi
Orang orang hanya menggunakan teknologi sesuka hati tanpa tau adanya etika menggunakan teknologi, yang menyebabkan banyaknya masalah penipuan, pelanggaran privasi, pelecehan, dan lain lain.
 
  • Solusi Permasalahan Yang Dihadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi
a. Mengatur waktu dengan baik
Seperti membatasi penggunaan teknologi kepada anak anak dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman, supaya tidak ketergantungan terhadap teknologi yang ada.
 
b. Mengenal ciri ciri cyberbullying dan pelecehan
Lebih berhati hati untuk menggunakan media sosial, dan jangan terlalu mempercayai orang baru, lebih baik berbicara dengan orang yang sudah dikenal.
 
c. Pemilih dalam mempercayai informasi dan berita
Pastikan informasi yang di dapatkan dari sumber yang sudah terpercaya, dan tidak cepat mempercayai apa yang dilihat di media sosial, karena tidak semua yang ada bisa dipercaya.
 
d. Mengetahui etika menggunakan teknologi
Menggunakan teknologi harus mempunyai etika, seperti contohnya menghargai privasi orang lain, bertanggung jawab, dan harus benar atau akurat dalam menyebarluaskan informasi.
 
Perkembangan Teknologi sekarang sudah sangat luas dan tidak ada batasan untuk setiap individu mengakses apapun yang ada di media sosial maupun internet, oleh karena itu kita harus bisa lebih berhati hati dalam menggunakan teknologi yang ada, dan menjaga diri untuk tidak ikut terkena permasalahan yang ada di perkembangan teknologi komunikasi.

Ikuti tulisan menarik Della lutfiani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB