x

Ilustrasi Penataan Arsip, Pixabat.com

Iklan

fuad fuad

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Desember 2023

Kamis, 21 Desember 2023 10:14 WIB

Mahasiswa KKN Untag Sosialisasikan Digitalisasi Arsip kepada Warga Medokan, Semampir, Surabaya

Sosialisasi digitalisasi arsip dan dokumen ini untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan dokumen. Metode penyampaian dilakukan lewat ceramah, presentasi, demonstrasi, dan simulasi dengan dukungan modul dan video tutorial.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada tanggal 10 Desember 2023, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya NR 2 melaksanakan kegiatan sosialisasi digitalisasi arsip dan dokumen di Balai RW 2 Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kredibilitas pengelolaan arsip dan dokumen di wilayah tersebut.

Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 8 orang pengurus RW 2, termasuk ketua, sekretaris, bendahara, dan koordinator bidang. Fasilitas seperti laptop, proyektor, layar, speaker, dan internet turut mendukung jalannya kegiatan sosialisasi.

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pengurus RW 2 dalam mengubah arsip dan dokumen fisik menjadi format digital. Proses digitalisasi ini memungkinkan penyimpanan, akses, pengolahan, dan berbagi secara online melalui platform Google Drive dan Google Site. Google Drive adalah layanan penyimpanan dan berbagi file online yang gratis, sedangkan Google Site adalah layanan pembuatan dan publikasi website.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain memberikan manfaat administratif bagi pengurus RW 2, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan sosial antara pengurus RW 2 dan mahasiswa KKN UNTAG Surabaya NR 2. Pengurus RW 2 diharapkan dapat memanfaatkan digitalisasi arsip dan dokumen untuk mempermudah aktivitas administrasi yang berkaitan dengan warga, pemerintah, dan pihak lainnya. Di sisi lain, mahasiswa KKN diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang telah dipelajari di kampus.

Metode penyampaian yang efektif, menarik, dan interaktif digunakan dalam kegiatan ini, termasuk ceramah, presentasi, demonstrasi, dan simulasi. Modul dan video tutorial yang disusun oleh mahasiswa KKN UNTAG Surabaya NR 2 juga digunakan untuk memperkaya pengalaman peserta dalam memahami penggunaan Google Drive dan Google Site, serta proses digitalisasi arsip dan dokumen.

Ikuti tulisan menarik fuad fuad lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu