x

Iklan

Deni Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2020

Jumat, 22 Desember 2023 18:48 WIB

Tingkatkan Minat Literasi, KKN Umiba Bangun Pojok Baca

Pengabdian masyarakat mahasiswa Universitas Mitra Bangsa (UMIBA) Jakarta

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bogor, Jawa Barat - Pengabdian masyarakat yang sedang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Mitra Bangsa (Umiba) Jakarta kelompok 10 mengusung program yang berfokus pada aktivitas peningkatan literasi.

Mengusung tema Peningkatan Minat Baca Anak-anak Yayasan Lentera Raudha Melalui Program Pojok Baca, salah satu program yang dijalankan oleh 4 mahasiswa, Rini Alvina, Hilman Pardiansyah, Helmy Nuramal dan Deni Kurniawan adalah pendekatan literasi anak-anak.

Untuk menumbuhkan minat baca pada anak usia dini mahasiswa membuat pojok baca yang unik dan menarik bagi anak-anak, pada Senin 18 Desember 2023 di Desa Pabuaran, Kabupaten Bogor. Dalam pojok baca tidak hanya berisikan buku bergambar, buku cerita namun ada juga alat permainan edukatif berupa puzzle dan kartu huruf.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Membaca anak pada usia dini tidak harus membaca lancar, membolak balikan buku, melihat gambar yang ada huruf atau angkannya, mendengarkan guru bercerita dan menceritakan isi buku dengan membaca gambar, hal tersebut juga merupakan kegiatan membaca.

Seperti yang kita ketahui bersama, di era 4.0 menuju 5.0 ini, kecanduan gadget dan game online pada anak-anak bukanlah fenomena yang mengejutkan lagi. Lebih mudah melihat anak yang menggengam gadget daripada anak duduk membaca buku.

Oleh karena itu, Deni Kurniawan selaku ketua kelompok KKN menyampaikan harapannya bahwa kehadiran pojok baca ini dapat sedikit banyak menumbuhkan dan meningkatkan minat literasi anak-anak khususnya pada Yayasan Lentera Raudha dan juga dapat mengimbangi pengaruh gadget tersebut.

Ikuti tulisan menarik Deni Kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler