x

Ilustrasi pikiran foto: Shutterstock

Iklan

Riva Ramadhani Maulana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Desember 2023

Rabu, 27 Desember 2023 08:31 WIB

Pikiran Terawat, Tubuh pun Sehat

Pikiran yang sehat bisa mmeicu mood yang baik. Tentu itu akan berdampak positif bagi tubuh. Faedah lain bisa menurunkan risiko sakit, tekanan darah, sampai menguatkan imun.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Merawat kesehatan mental sama pentingnya dengan merawat kesehatan fisik. Keduanya saling terkait dalam menyusun kualitas hidup yang seimbang.

Manusia dalam menjalankan perannya sebagai seorang siswa, mahasiswa, atau pekerja pasti pernah mendapatkan tekanan, baik dari pekerjaan, pergaulan sosial, dan tuntutan sehari-hari. Tekanan ini tentu dapat menjadi beban tersendiri bagi seseorang. Ada beberapa orang yang mungkin jadi sering merasa lelah, jenuh, atau bahkan pada kondisi serius dapat menyebabkan orang sampai mengalami jatuh sakit.

Apabila sudah jatuh sakit, banyak sekali orang yang mencoba untuk menyembuhkan dirinya, mulai dari minum obat dan berobat ke rumah sakit. Tak jarang ada juga yang berupaya mencegah situasi tersebut dengan rajin minum suplemen atau jamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, sayangnya manusia sering terlupa bahwa bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi adanya tekanan juga dapat berdampak pada kesehatan mental. Tahukah Anda bahwa menjaga kesehatan mental dengan merawat pikiran juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan fisik?

Kesehatan Mental dan Kesehatan Fisik

World Health Organization (WHO) menjelaskan bahwa kondisi sehat artinya keadaan fisik, mental, dan sosial seseorang berada dalam kondisi yang sejahtera. Penjelasan ini menunjukkan bahwa ketiga komponen tersebut saling berkaitan. Begitu juga antara kesehatan mental dan kesehatan fisik. Salah satu kaitannya adalah bahwa seseorang dengan kondisi kesehatan mental yang buruk lebih rentan mengalami kondisi kesehatan fisik yang buruk pula.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan merawat pikiran. Misalnya, dengan memberikan diri kita waktu untuk beristirahat, baik melalui meditasi, olahraga, atau bahkan dengan sekadar menikmati waktu untuk melakukan hal-hal yang kita sukai. Cara lain juga dapat dengan menjauhi kebisingan yang tidak perlu. Penting bagi kita untuk dapat merenung dan menenangkan pikiran. Hal tersebut adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi stres.

Kesehatan mental memiliki dampak yang besar pada kualitas hidup secara keseluruhan. Ketika pikiran kita dalam keadaan baik, kita menjadi lebih kuat dalam menghadapi tantangan hidup, lebih mampu untuk menjaga hubungan dengan orang di sekitar kita, dan lebih produktif dalam melakukan berbagai aktivitas.

Langkah-langkah merawat pikiran untuk menjaga kesehatan mental

National Institute of Mental Health menguraikan bahwa setidaknya terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental melalui perawatan terhadap pikiran.

1. Rutin berolahraga

Tidak harus olahraga berat, olahraga kecil seperti berjalan kaki setiap pagi secara rutin dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa stres.

2. Makan makanan yang sehat secara teratur

Pola makan seimbang dan selalu terhidrasi dapat meningkatkan energi dan fokus Anda sepanjang hari. Batasi juga minuman berkafein, seperti minuman bersoda atau kopi.

3. Tidur cukup

Atur waktu tidur sehingga Anda dapat tidur dengan baik dan cukup. Penting juga untuk mengurangi intensitas penggunaan telepon genggam, laptop, atau televisi sebelum tidur.

4. Tetap terhubung

Tetap menjalin hubungan dengan teman atau anggota keluarga yang menurut Anda dapat memberikan dukungan emosional dan bantuan praktis.

5. Melakukan aktivitas santai

Praktik seperti meditasi, jurnalisme, atau refleksi diri secara rutin merupakan cara-cara efektif untuk memberi nutrisi pada pikiran Anda. Ini memberikan kesempatan bagi pikiran untuk beristirahat, merenung, dan mengatur ulang pola pikir yang mungkin terjebak dalam kesibukan sehari-hari.

6. Tetapkan tujuan dan prioritas

Putuskan apa yang harus diselesaikan dan apa yang bisa ditunda. Cobalah untuk mengingat apa yang telah Anda capai, bukan apa yang tidak mampu Anda lakukan.

Dampak mental yang sehat

Poli, dkk (2020) menguraikan terdapat beberapa dampak dari kondisi mental yang sehat dalam diri seseorang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Meningkatkan persepsi diri

Persepsi diri seseorang terhadap dirinya sendiri menjadi penting bagi orang tersebut dalam menentukan nilai dan kualitas dirinya sendiri.

2. Meningkatkan kemampuan kognitif

Adanya kemampuan untuk fokus yang didorong oleh kondisi mental yang sehat dapat membantu seseorang dalam memahami informasi yang ia dapatkan

3. Menciptakan emosi positif

Kondisi mental yang sehat dapat berdampak pada munculnya emosi positif, seperti optimisme, kebahagiaan, pengharapan, dan lain-lain.

4. Meningkatkan kesehatan fisik

Kondisi mental yang sehat menghindarkan seseorang dari potensi rasa sakit pada tubuh, seperti pusing dan masalah pencernaan.

Dengan demikian, merawat pikiran dapat mendorong terciptanya keseimbangan dalam kehidupan. Melalui pemberian perhatian terus-menerus pada kebutuhan mental kita, kita dapat membangun fondasi yang kuat untuk kesejahteraan mental dan emosional. Lakukanlah hal-hal kecil setiap hari yang memberi kebaikan pada pikiran kita, seiring waktu, hal ini akan memberikan dampak besar pada kualitas hidup kita secara keseluruhan. Jadi, mulailah hari ini dengan memberikan perhatian khusus pada kesehatan mental Anda. Karena seiring kita merawat pikiran, kita juga merawat kehidupan kita secara keseluruhan.

Referensi:

Canadian Mental Health Association. (n.d.). Connection Between Mental and Physical Health. CMHA. https://ontario.cmha.ca/documents/connection-between-mental-and-physical health/#:~:text=The%20associations%20between%20mental%20and,of%20developing%20poor%20mental%20health.

National Institute of Mental Health. (n.d.). Caring for Your Mental Health. National Institute of Mental Health (NIMH). Retrieved December 24, 2023, from https://www.nimh.nih.gov/health/topics/caring-for-your-mental-health

Poli, P. F., de Pablo, G. S., De Micheli, A., & Nieman, D. (2020). What is good mental health? A scoping review. European Neuropsychopharmachology, 33-46. 10.1016/j.euroneuro.2019.12.105 0

Ikuti tulisan menarik Riva Ramadhani Maulana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB