x

Iklan

dhafiandra.s.m

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Januari 2024

Minggu, 7 Januari 2024 08:45 WIB

Komunikasi Kelompok, Menjalin Solidaritas pada Komunitas Honda CB Kota Bekasi

Komunitas Honda CB Bekasi menggunakan pola komunikasi dua arah dan timbal balik, komunikator/ketua dan komunikan/anggota menjadi saling tukar fungsi dalam menjalani fungsi mereka.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komunitas Honda CB Bekasi berdiri sejak 11 Agustus 2006 sudah memiliki kurang lebih 100 Anggota, pendiri dari komunitas Honda CB Bekasi Edi Sucipto. Berhubung adanya PPKM mempengaruhi waktu berkumpulnya komunitas Honda CB Bekasi sehingga komunikasi yang terjalin dalam komunitas ini menjadi terhambat

Setelah adanya PPKM komunikasi yang dilakukan dalam komunitas Honda CB Bekasi dilakukan dengan cara daring atau melalui media sosial, hal ini tentu mempengaruhi tingkat solidaritas sesama anggot, Menurut Andi selaku ketua Komunitas Honda CB Bekasi

Pada proses selama berdiri Honda CB Bekasi telah berhasil membentuk kelompok yang berkembang dan kuat dalam mempertahankan keberadaan mereka di Bekasi. Menurut salah satu pendiri Komunitas Honda CB Bekasi, Edi Sucipto yang akrab dipanggil Edi ini pada tanggal 5 April 2022 di Kaliabang Bungur RT.003/RW.001 Kota Pola Komunikasi Kelompok Komunitas Honda CB Bekasi. Bekasi dalam pernyataannya, komunitas Honda CB Bekasi adalah suatu bentuk keluarga kedua dirinya

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam komunikasi di komunitas ini yang terdiri dari 100 anggota beragam dari suku, ras, agama, usia, maupun status sosialnya pasti adanya suatu perbedaan pendapat atau konflik antara sesama anggota maupun ketua komunitas. Dengan adanya fenomena ini, melihat adanya hambatan komunikasi yang biasanya komunitas Honda CB Bekasi melakukan pertemuan seminggu sekali, saat ini komunitas Honda CB Bekasi hanya dapat melakukan komunikasi melalui sosial media ataupun pertemuannya diperenggang menjadi 2 minggu sekali sehingga komunikasi yang dilakukan tidak efektif

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi merupakan suatu tindakan yang memungkinkan kita mampu menerima dan memberikan informasi atau pesan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Secara teoritis, tindakan komunikasi berbasis konteks dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu dalam konteks komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa.

Komunikasi kelompok Menurut Morissan (2009) merupakan proses sebagai instrumen yang digunakan oleh kelompok untuk mengambil keputusan dengan menekankan hubungan antara kualitas komunikasi dan kualitas hasil kelompok. Komunikasi kelompok bekerja dalam beberapa cara yang akan menentukan atau memutuskan hasil yang dicapai oleh kelompok.

Untuk berinteraksi dengan sesama anggota yang lainnya agar terciptanya rasa solid disinilah Komunitas Honda CB Bekasi membentuk pola komunikasi Di dalam sebuah kelompok saling terjadi pertukaran pesan, dan pertukaran pesan tersebut dilakukan melalui pola komunikasi. Pola komunikasi merupakan proses komunikasi dalam menyampaikan sebuah pesan dari anggota satu kepada anggota lain di dalam suatu organisasi. Komunitas Honda CB Bekasi melakukan suatu pola komunikasi untuk memperkuat solidaritas kelompoknya, karena dengan menjalin suatu hubungan yang baik dan solid diperlukan komunikasi yang efektif (Aulia, 2013).

Komunitas Honda CB Bekasi merupakan komunitas yang cukup lama berdirinya dan memiliki 100 anggota yang berada di Kota Bekasi yang memiliki tingkat solidaritas yang terjalin dengan baik. Komunitas Honda CB Bekasi adalah komunitas yang cukup menarik perhatian masyarakat sekitar karena memiliki keunikan dalam memodifikasi Cbnya yang unik dan klasik. Komunitas Honda CB Bekasi yang akrab di panggil dengan sebutan HCBB merupakan komunitas motor klasik yang berdiri sejak 11 Agustus 2006 yang beranggotakan 100 anggota. Komunitas Honda CB Bekasi hadir sebagai sebuah wadah bagi para pecinta motor klasik yang memiliki hoby memodifikasi motornya,

komunitas ini beranggotakan dari berbagai kalangan dan jenjang usia dari remaja hingga dewasa. Berawal dari kesamaan hoby dan aktivitas berkumpul bersama serta berpetualang, maka disinilah para pecinta motor klasik terutama Honda CB Bekasi menjalin suatu hubungan atau kekerabatan juga solidaritas diantara anggotanya. Selain itu komunitas Honda CB Bekasi juga cukup aktif mengikuti kegiatan internal maupun eksternal dimana mereka dapat memperluas jaringan atau relasi serta menemukan hal-hal baru dan ide-ide baru yang berkaitan dengan Honda CB

Pola Komunikasi Menurut Effendy (1989), pola komunikasi merupakan suatu proses yang dirancang untuk merepresentasikan realitas keterkaitan elemen-elemen yang tercakup dan keberadaannya, guna memfasilitasi pemikiran yang sistematis dan logis.

Pola komunikasi multi arah adalah proses komunikasi yang terjadi dalam suatu kelompok yang lebih banyak, dimana komunikator dan komunikan akan saling bertukar pikiran secara dialogis.

Komunitas Honda CB Bekasi menggunakan pola komunikasi dua arah dan timbal balik, komunikator/ketua dan komunikan/anggota menjadi saling tukar fungsi dalam menjalani fungsi mereka. Bentuk Solidaritas yang melingkupi komunitas Honda CB Bekasi merupakan solidaritas mekanis yang bersifat homogen. Bentuk solidaritas komunitas Honda CB Bekasi antara lain gotong royong, pengabdian masyarakat, santunan anak yatim, kelahiran HCBB, camping dan hiking

sumber :

Judul Buku : BUNGA RAMPAI RAGAM PENGARUH KOMUNIKASI DALAM PERKEMBANGAN 
MEDIA

Penulis : Annisa Eka Syafrina, Metha Madona, Hamida Syari Harahap, Wichitra Yasya,  
Tabrani Sjafrizal, Aan Widodo, Sari Endah Nursyamsi, Ratna Puspita, Dian Sukmawati,  
Wa Ode Sitti Nurhaliza, Nurul Fauziah, Adi Armanta, Hananda Madiresta Wijaya,  
Oktaviane Vernia Arthalonova, Trianisa Zuhairiyah Lestari, Erico Wahyu Kusuma, 
 Isna Firmayanti, Nafaldo Pratama, Lutfia Meilasari, Puspita Dwi, Indah Pratiwi,  
Rizki Fadilla, Salza Nabila Sya’bania, Rizki Al Akbar, Marni & Ogi Purnama Sari.

Penerbit : WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG 

Tahun Terbit : 2023

 

Ikuti tulisan menarik dhafiandra.s.m lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler