x

Ilustrasi Permepuan. Pixabay.com

Iklan

Tasya Aulia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Januari 2024

Selasa, 16 Januari 2024 07:49 WIB

Rentannya Posisi Perempuan dalam Cerpen Nazar Seorang Perawan Tua karya Waritz Novi

Pada akhirnya ia menemukan seorang lelaki paruh baya, yang ternyata anak dari dukun pelet yang pernah ia datangi. Tanpa berlama-lama lelaki itu langsung melamar Arum dan menikahinya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cerpen berjudul Nazar Seorang Perawan Tua yang ditulis oleh A.Warits Rovi. Cerpen ini diterbitkan pada tanggal 26 November 2023 di Koran tempo.

CerpenNazar Seorang Perawan Tua menceritakan seorang perawan tua bernama Arum. Di usianya yang  sudah menginjak 38 tahun, ia belum mempunyai seorang suami. Segala cara ia lakukan sampai mendatangi dukun pelet agar ia cepat menikah, tetapi selalu gagal.

Dan ia bernazar, jika dirinya mendapat suami sebelum berumur 40 tahun. Nanti suaminya itu akan ia gendong sambil mengelilingi pasar sebanyak lima kali.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada akhirnya ia menemukan seorang lelaki paruh baya, yang ternyata anak dari dukun pelet yang pernah ia datangi. Tanpa berlama-lama lelaki itu langsung melamar Arum dan menikahinya.

Melalui rangkuman cerita di atas, terlihat adanya permasalahan seputar rentannya posisi perempuan dalam pernikahan. Arum sebagai tokoh utama memperlihatkan sulitnya perempuan di mata masyarakat ketika sudah berusia dewasa, tetapi belum menikah. Perempuan seperti Arum dianggap “Perawan tua” yang tidak laku. Hal ini terlihat melalui kutipan berikut.

“Sejak saat itu, Arum berjanji tidak mencari dukun pelet lagi, tetapi ia tetap membuat banyak nazar.”

Melalui kutipan di atas, terlihat bahwa Arum sudah pasrah terhadap takdirnya. Karena apa yang ia lakukan untuk mendapatkan seorang suami selalu gagal. Tetapi dia selalu berusaha untuk mendapatkan seorang suami, Tuhan telah menjawab semua doa-doanya dan pada akhirnya ia menemukan seorang laki-laki paruh baya dan Arum  langsung di ajak menikah. 

 

Daftar Pustaka

A.Warits Rovi., (2023),"Kumpulan Cerpen Ruang Sastra".Kompas.Page 1/1.ruangsastra.com

Ikuti tulisan menarik Tasya Aulia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 jam lalu

Terpopuler