x

Well Fest Vol. 2 merupakan program kolaborasi Welfare Side, Karisma ITB, dan Trash Ranger Indonesia yang berfokus pada memberikan penyadaran mengenai kepedulian lingkungan, khususnya permasalahan sampah.

Iklan

Trash Ranger Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Januari 2024

Selasa, 23 Januari 2024 13:30 WIB

Well Fest Volume 2; Kolaborasi Lingkungan dari Sisi Kesejahteraan, Karisma ITB, dan Trash Ranger Indonesia

Well Fest Vol. 2 merupakan program Welfare Side, Karisma ITB, dan Trash Ranger Indonesia yang berfokus pada penyadaran lingkungan, khususnya soal sampah. Kegiatan ini bertujuan agar meningkatkan kepedulian generasi muda untuk mulai beraksi. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Well Fest Vol. 2 merupakan program kolaborasi Welfare Side, Karisma ITB, dan Trash Ranger Indonesia yang berfokus pada memberikan penyadaran mengenai kepedulian lingkungan, khususnya permasalahan sampah. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar dapat meningkatkan kepedulian generasi muda, khususnya remaja untuk mulai beraksi. 

Well Fest dilaksanakan di Kawasan Masjid Khairina YPM Salman ITB, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Bandung Barat, pada hari Sabtu, 20 Januari 2024, pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tiga organisasi. Ketiga organisasi tersebut ialah Welfare Side (komunitas pemberdayaan pemuda untuk beraksi dalam peningkatan kesejahteraan sosial). Selain itu,  Karisma ITB atau Keluarga Remaja Islam Masjid Salman ITB merupakan salah satu unit yang langsung dinaungi oleh Yayasan Masjid Salman ITB yang bergerak dalam kegiatan pembinaan adik remaja SMP/SMA sederajat. Lalu, Trash Ranger Indonesia selaku komunitas yang secara konkret mengkampayekan isu lingkungan dan sampah secara berkelanjutan dan tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan ini diorkestrasi oleh seorang Project Director, yaitu Muhamad Rai Jemadila. Di mana, Project Director dibantu oleh Vice Project Director yang terdiri dari perwakilan masing-masing organisasi, yaitu Luqman Faris dari Welfare Side, Hanif Arya dari Trash Ranger Indonesia, dan Kayla Nursyifa dari Karisma ITB. 

Kegiatan ini menyasar anak muda, khususnya remaja yang berada di sekitar wilayah Khairina, yaitu di Desa Cimenyan. Tak lupa juga, Well Fest melibatkan Karang Taruna untuk turut serta mengikuti kegiatan yang ada. 

Terdapat beberapa sub kegiatan yang dilaksanakan di dalam Kegiatan Well Fest. 

1. Post To Post Mentoring
Sesi ini adalah wadah bagi peserta untuk mendapatkan pengetahuan dan penyadaran tentang permasalahan lingkungan, kepedulian lingkungan, dan komitmen bersama untuk beraksi menjaga lingkungan 

2. Clean Up
Peserta ditugaskan untuk mengumpulkan sampah dan membuangnya pada tempat yang sudah disediakan. Sesi ini adalah momen penyadaran konkret dengan melakukan aksi sesederhana mungkin untuk menjaga lingkungan. Di mana sampah yang dikumpulkan oleh peserta menjadi tiket yang nantinya diserahkan sebagai syarat memasuki pos-pos yang sudah ditentukan. 

3. Ecobrick Workshop 
Workshop dilakukan dengan pemberian materi dan praktik pembuatan ecobrick. Di mana sebelumnya, peserta ditugaskan untuk mengumpulkan sampah sebagai upaya mengurangi sampah berserakan, lalu diolah menjadi sebuah bahan yang dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat. 

4. Fun Games 
Kegiatan ini dilakukan dengan mengedepankan perasaan senang bagi peserta. Namun, esensi utamanya bukan hanya menyenangkan, tetapi mengingat kembali dan menyimpulkan pembelajaran yang sudah didapatkan selama kegiatan berlangsung. Pada sesi ini juga penyelenggara memberikan penghargaan kepada peserta atas partisipasi dan prestasinya selama mengikuti kegiatan. 

Well Fest Vol. 2 ini berjalan dengan lancar, penuh antusiasme, dan kolaboratif. Kegiatan inipun dilaksanakan dengan komprehensif meningkatkan kompetensi generasi muda untuk memulai aksi peduli lingkungan, khususnya dalam menyelesaikan masalah sampah. 

Menurut Rai, selaku Project Director, kegiatan ini adalah bukti dari semangat untuk saling melengkapi dalam melakukan kebaikan. Apalagi, dengan panitia yang entah kenapa terasa seperti sahabat lama walaupun baru pertama kali bertemu. Maka dari itu, keberlanjutan atas komprehensivitas ini harus terus berlanjut, baik oleh Well Fest, maupun kegiatan lainnya. Tidak ada lagi ruang untuk berhenti.

 

 

Dimas Rahmat N

Pers Director Trash Ranger ID

Ikuti tulisan menarik Trash Ranger Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu