x

Iklan

Kata Teman Saya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 November 2023

Kamis, 15 Februari 2024 09:06 WIB

Kriteria Penilaian Terhadap Ujian Praktek Orasi Kebangsaan di MTsN 9 Bantul


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 9 Bantul)--Dalam ujian praktek orasi kebangsaan di MTsN 9 Bantul, Agung Setyo Winarso, S.Pd. selaku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bertugas untuk menilai kemampuan siswa-siswa dalam menyampaikan pandangan mereka tentang kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila. Adapun beberapa aspek penting selama proses penilaian.

 

Kemampuan Berbicara: kemampuan siswa dalam menyampaikan orasi secara jelas, lancar, dan meyakinkan. Kami memperhatikan penggunaan bahasa yang tepat dan baku, serta intonasi yang sesuai untuk menarik perhatian pendengar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Ketepatan Argumen: kekokohan argumen yang disajikan oleh siswa-siswa dalam orasi mereka. Kami memperhatikan kejelasan dan kedalaman pemahaman mereka tentang topik yang dibahas, serta kemampuan mereka dalam menyajikan argumen yang logis dan terorganisir.

 

Ekspresi dan Gestur Tubuh: penilaian tanda-tanda kepercayaan diri dan keterlibatan emosional dalam penampilan siswa, serta gestur tubuh yang mendukung dan memperkuat pesan yang disampaikan.

 

Kepatuhan terhadap Waktu: Sebagai penguji, kami juga menilai kemampuan siswa-siswa dalam mengelola waktu secara efektif selama beorasi. Kami menghargai siswa-siswa yang mampu menyampaikan pesan mereka secara singkat dan padat, sesuai dengan batasan waktu yang telah ditetapkan.

 

Melalui proses penilaian ini, kami dapat mengevaluasi kemampuan siswa-siswa dalam mengartikulasikan pemikiran tentang kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila dengan jelas dan meyakinkan.

 

“Kami berharap bahwa ujian praktek orasi kebangsaan ini memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa-siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan pemahaman tentang pentingnya persatuan dan kebhinekaan dalam membentuk karakter bangsa,” pungkas Agung. (asw)

Ikuti tulisan menarik Kata Teman Saya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler