x

Iklan

Wildani Saputri Sihombing

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Februari 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 06:50 WIB

Festival Isra Miraj Mahasiswa KKN Unand: Membangun Generasi Unggul Berlandaskan Nilai Islam

Festival ini menampilkan lomba tilawah dasar dan Tahfiz juz 30 bagi anak-anak, disertai dukungan luas dari pemerintah setempat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tanjung Bonai, 9 Februari 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Andalas (Unand) dengan antusias menggelar Festival Isra Mi'raj pada hari Kamis, 8 Februari 2024 di Nagari Tanjung Bonai, Lintau Buo Utara, Tanah Datar, Sumatra Barat. Kegiatan yang diikuti oleh 38 peserta dari berbagai kalangan ini bertujuan untuk mendorong minat dan kedalaman pemahaman anak-anak terhadap ilmu agama Islam, sekaligus menumbuhkan bibit unggul yang islami di lingkungan mereka.

Foto Bersama Peserta Lomba (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di bawah bimbingan Bapak Jefril Rahmadoni, M.Kom, kelompok KKN Unand yang terdiri dari 15 mahasiswa menyelenggarakan dua perlombaan utama dalam Festival Isra Mi'raj yaitu: lomba tilawah dasar dan Tahfiz juz 30 bagi anak-anak maksimal 10 tahun. Kegiatan ini diadakan di dua lokasi yang berbeda, yakni Masjid Raya Tanjung Bonai untuk lomba tilawah dasar dan Surau Al-Huda Korong Nan IV untuk lomba Tahfiz 30 juz.

Menariknya, kegiatan ini mendapat dukungan luas dari berbagai pihak, termasuk pemerintah setempat. Camat Lintau Buo Utara, Bapak Edo Fakhrhazi Herizal S.STP, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif positif ini. "Saya berharap kedepannya kegiatan positif seperti ini akan terus diperbanyak dan harus terus dilakukan agar anak-anak tidak terlalu banyak bermain Hp dan dekat dengan Al-Qur'an," ujar beliau.

Dalam festival yang diikuti oleh 38 peserta untuk setiap cabang perlombaan, peserta menunjukkan semangat dan dedikasi tinggi dalam menampilkan kemampuan tilawah dan tahfiz Al-Qur'an mereka. Semua peserta dan pendukung acara merasakan kehangatan dan keceriaan dalam momen yang penuh makna ini.

Foto Bersama Pemenang Lomba (sumber: dokumentasi pribadi)

Kegiatan semacam ini adalah langkah konkret dalam membentuk generasi yang lebih terampil dan terdidik dalam agama Islam. Dengan meningkatkan kualitas pengetahuan agama sejak dini, diharapkan anak-anak akan tumbuh sebagai individu yang berkarakter, berbudi pekerti luhur, dan mampu menjadi kebanggaan bagi masyarakat dan negara.

Mahasiswa KKN Tanjung Bonai mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini, serta berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan demi kemajuan pendidikan agama di Tanjung Bonai dan sekitarnya.

Ikuti tulisan menarik Wildani Saputri Sihombing lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu