x

Ilustrasi Akademik. Karya Muhammad Rizky Klinsman dari Pixabay.com

Iklan

Ponorogo Hits

Ponorogo Hits
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Rabu, 21 Februari 2024 06:16 WIB

IAIN Ponorogo Sambut Guru Besar Baru dan Bersiap Go International

IAIN Ponorogo baru saja menambah kekuatan akademisnya dengan pengukuhan Prof. Dr. Mukhibat, M.Ag., sebagai guru besar keenam dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo baru-baru ini menyambut guru besar baru dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yaitu Prof. Dr. Mukhibat, M.Ag., pada hari Sabtu, 17 Februari 2024. Prof. Mukhibat kini menjadi guru besar ke-enam di IAIN Ponorogo dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam.

Dalam upacara pengukuhan tersebut, Rektor IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag., menyatakan harapannya untuk mendapatkan dukungan dalam proses alih status IAIN Ponorogo menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ponorogo dan juga dalam persiapan lembaga tersebut untuk bersaing di tingkat internasional.

“Kami berharap dukungan dan doa restu dari semua pihak agar IAIN Ponorogo, dengan penambahan guru besar ini, dapat semakin memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan, baik di tingkat lokal maupun internasional,” ungkap Prof. Evi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Prof. Mukhibat, dalam orasi ilmiahnya, membahas tentang pentingnya moderasi beragama dalam pendidikan di Indonesia. Beliau menekankan bahwa moderasi beragama adalah kunci untuk menciptakan keseimbangan dan kedamaian dalam kehidupan beragama di Indonesia, yang dapat mencegah konflik dan meningkatkan toleransi.

Beliau juga menyoroti beberapa tantangan utama dalam dunia pendidikan saat ini, termasuk perundungan, intoleransi, dan pelecehan seksual. Prof. Mukhibat mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengatasi masalah-masalah ini dan mempromosikan pendidikan yang inklusif dan menghargai keberagaman.

Selain itu, Prof. Mukhibat juga menyampaikan tentang upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menerapkan kurikulum merdeka, yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai Pancasila, seperti keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, gotong royong, kemandirian, dan kemampuan berpikir kritis.

Pengukuhan guru besar ini merupakan langkah penting bagi IAIN Ponorogo dalam perjalanannya menuju menjadi lembaga pendidikan yang berstandar internasional dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Ponorogo Hits lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB