x

Iklan

Vina Amiliana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024 12:29 WIB

PMM UMM Memberikan Sosialisasi Strategi Pemasaran Kepada UMKM di Pasar Wisata Tegalgondo

Oleh Kelompok 67 Gelombang 7 PMM Universitas Muhammadiyah Malang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PMM Kel 67

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa merupakan kegiatan pemberdayaan diri oleh mahasiswa yang diperuntukkan kepada masyarakat desa yang diharapkan dapat bersifat berkelanjutan. PMM yang akan dilaksanakan di desa Tegalgondo beranggotakan Vina Amiliana, Devi Aninda, Intan Nur Khoirunnissa,  Safira Lutfia dan M. Shahreza Rahmat dari fakultas Ekonomi & Bisnis jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Kesehatan jurusan ilmu keperawatan, dan Fakultas Pertanian Peternakan jurusan peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang yang bertemakan "Upgrading Pasar Wisata Tegalgondo".

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

strategi pemasaran adalah tindakan terukur yang bertujuan agar produk dikenal masyarakat luas. Strategi pemasaran adalah seperangkat langkah bisnis yang telah digabungkan pada tingkat presentasi produk untuk menarik konsumen untuk membeli sebuah produk. Tidak hanya menarik konsumen untuk memasukan produk ke dalam keranjang, strategi pemasaran juga memastikan pembeli mengenal produk yang ditawarkan, memverifikasi, dan mengulangi pembelian produk sehingga memperoleh laba.

PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM dalam rangka memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar. Salah satu program PMM yang dilakukan adalah sosialisasi pemasaran produk UMKM di Pasar Wisata Desa Tegalgondo. Dalam kegiatan ini, mahasiswa UMM memberikan edukasi pentingnya menggunakan media sosial untuk promosi di era modern ini. Salah satu contoh UMKM yang kami temui adalah penjual jenang kami memberikan sosialisasi di era modern ini penting untuk melakukan inovasi produk dengan ide – ide menarik seperti memberikan beberapa varian rasa. Dengan adanya inovasi tersebut maka konsumen akan lebih tertarik untuk mencoba. Dan juga memberikan saran agar packaging yang digunakan dibuat lebih menarik seperti menambahkan foto jenang dengan tampilan yang terlihat enak sehingga konsumen ngiler dan ingin mencoba.

Mahasiswa UMM memberikan pengetahuan tentang cara memasarkan produk jenang secara efektif melalui marketplace kepada masyarakat Desa Tegalgondo. Dalam sosialisasi ini, mahasiswa UMM mengajarkan langkah-langkah modern dalam memasarkan produk jenang. mulai dari mengambil foto produk yang menarik, membuat deskripsi produk yang jelas dan menarik, serta mengelola pesanan dan pengiriman barang kepada konsumen.

Dalam sosialisasi ini, mahasiswa UMM juga memberikan informasi tentang marketplace terkenal yang dapat digunakan oleh masyarakat Desa Tegalgondo, seperti Shopeefood, Gofood, Grabfood. Mahasiswa UMM memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan marketplace, mulai dari membuat akun, mengunggah foto produk, hingga mengelola pesanan dan pengiriman barang.

Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan Kelompok 67 PMM ini diharapkan dapat membantu para UMKM untuk terus maju dan berkembang mengikuti zaman yang semakin canggih ini. Dimana semua kegiatan dapat dilakukan melalui digital konsumen yang banyak memilih untuk pesan online hanya tunggu dirumah makanan datang, Mahasiswa juga menunjukkan bahwa mereka dapat memberikan kontribusi yang nyata untuk masyrakat melalui kegiatan PMM ini.

Ikuti tulisan menarik Vina Amiliana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler