x

Iklan

Ernawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Maret 2024

Sabtu, 9 Maret 2024 11:30 WIB

Keunikan Pulau Benggala: Eksotisme Terjaga di Pulau Terluar Barat Indonesia

Pulau Benggala, yang terletak di Aceh, merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan India.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir situs slot, Pulau Benggala, yang terletak di Aceh, merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan India. Meskipun tidak berpenghuni, pulau ini kaya akan keanekaragaman hayati, terutama dalam bentuk terumbu karang yang luar biasa.

Pulau ini terutama terdiri dari batuan vulkanik dan merupakan destinasi yang ideal bagi pecinta alam yang menghargai keindahan alam liar. Berikut adalah beberapa hal menarik yang perlu dipahami sebelum mengunjungi pulau ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Benggala

1. Pulau di Ujung Barat Indonesia

Mungkin masih ada kebingungan atau kekurangan pemahaman mengenai pulau terluar Indonesia di sebelah barat. Beberapa orang mungkin mengira bahwa Pulau Weh adalah pulau terluar Indonesia, namun kenyataannya, hal tersebut tidak benar. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meskipun Kota Sabang terletak di Pulau Weh dan merupakan kota paling barat di Indonesia, Pulau Benggalalah yang sebenarnya merupakan pulau terluar Indonesia di sebelah barat.

Jika kita melihat koordinat geografis, Pulau Weh yang terletak pada 5° 55 Lintang Utara dan 95° 0 Bujur tidak sejauh Benggala Island yang berada pada 5° 47 Lintang Utara dan 94° 58 Bujur Timur.

Lagu "dari Sabang sampai Merauke" tidak salah karena merujuk pada kota paling barat dan paling timur di Indonesia. Namun, kesalahan terjadi jika menganggap bahwa Pulau Weh adalah pulau paling barat Indonesia.

Sebenarnya, masih ada pulau lain di paling barat Indonesia, yaitu kawasan wisata Pulau Benggala. Penting bagi warga Indonesia untuk menyadari hal ini.

2. Pulau Tidak Berpenghuni

Dengan luas hanya 4 hektar, Pulau Benggala bukanlah tempat dibangunnya titik nol Negara Indonesia. Pulau ini terdiri dari batuan vulkanik berwarna gelap dengan ketinggian sekitar 14 meter di atas permukaan laut. Tidak ada tumbuhan hidup yang dapat ditemukan di sini.

Selain tidak ada tumbuhan, Pulau Benggala di Aceh Besar juga tidak berpenghuni karena terdiri dari gundukan batuan vulkanik. Oleh karena itu, tidak tersedia fasilitas wisata di pulau ini.

Namun demikian, banyak pengunjung yang datang untuk mendapatkan pengalaman liburan yang unik di sini.

3. Hutan Mini di Tengah Lautan

Meskipun tidak berpenghuni dan tidak memiliki tumbuhan, Pulau Benggala memiliki beragam jenis terumbu karang. Bahkan, terumbu karangnya mencakup sekitar 43% perairan di sekitarnya dan masih dalam kondisi yang baik serta terjaga keasliannya.

Berbagai jenis makhluk laut seperti bulu babi, siput, teripang, kepiting, dan kerang dapat ditemui di sini. Selain itu, berbagai jenis ikan seperti ikan teri, kakap, mackerel, kerapu, dan tuna juga dapat ditemui di sekitar pulau ini.

4. Sejarah Penamaan Pulau

Tertarik mengapa pulau ini disebut Pulau Benggala? Nama pulau diambil dari sebuah teluk yang memisahkan India dan Myanmar.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa istilah "Bengal" diambil dari sebuah kerajaan yang bersejarah di Asia Selatan yang bernama Kerajaan Bengal. Meskipun begitu, pulau ini tetap menjadi salah satu pulau yang penting untuk menjaga kedaulatannya.

5. Pulau Batu Tiga Belas

Perlu untuk diketahui bahwa Pulau Benggala di Aceh Besar juga dikenal sebagai Pulau Batu Tiga Belas oleh penduduk setempat. Nama ini mungkin berasal dari struktur pulau yang terdiri dari beberapa gundukan batu yang membentuk gugusan pulau.

Kenyataannya, keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang penasaran dengan sosok pulau paling barat di Indonesia.

Alamat dan Rute Menuju Pulau

Jika Anda penasaran dengan pengalaman bersantai di atas bebatuan vulkanik di tengah laut, Anda dapat mengunjungi Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Dari Banda Aceh, perjalanan menuju pulau dengan speedboat membutuhkan waktu sekitar 7 jam. Setelah tiba di Pulau Weh, waktu perjalanan yang dibutuhkan hanya sekitar 3 jam.

Dari Bandara, Anda dapat menuju Pelabuhan Feri Ulee Lheue dengan menggunakan mobil. Anda dapat mengikuti rute melalui Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda menuju Jalan Soekarno Hatta. Penting untuk memesan layanan antar jemput dari Bandara.

Setelah itu, Anda perlu menaiki kapal feri menuju Pulau Weh atau mencari layanan kapal feri yang langsung menuju kawasan wisata Pulau Benggala. Anda dapat bertanya kepada penduduk setempat mengenai rute menuju pulau dan layanan antar jemput atau persewaan kapal.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Bersantai

Anda dapat menikmati waktu santai di atas bebatuan vulkanik sambil menikmati pemandangan indah laut dan suara ombak yang memecah di bebatuan. Aktivitas santai ini pasti akan memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

Anda juga bisa mengajak teman untuk bersantai di Pulau Benggala Aceh Besar ini dan menikmati kedamaian. Wisata alam ini sangat cocok bagi mereka yang ingin melarikan diri dari kehidupan perkotaan yang sibuk dan menikmati kesunyian alam.

Anda dapat membawa perlengkapan piknik dari rumah dan menyebarkan tikar di atas permukaan yang rata. Pengalaman ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama dengan rombongan wisata.

Jika Anda merasa bosan bersantai di atas bebatuan, Anda bisa menjelajahi pulau dengan berjalan kaki. Melakukan hal ini akan membantu Anda lebih memahami pulau ini secara langsung, termasuk keberagaman bentuk batuannya yang berbeda.

Namun, penting untuk tetap berhati-hati saat menjelajahi pulau ini. Permukaan batunya yang cukup licin dapat membahayakan dan menyebabkan Anda tergelincir atau terjatuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan sepatu boot anti slip sebagai langkah pengamanan.

Berkeliling Pulau Benggala dengan Perahu

Jika Anda ingin lebih mendalami keindahan Pulau Benggala, Anda dapat menggunakan speedboat atau perahu untuk mengelilinginya. Pengalaman ini akan memberikan pandangan yang berbeda dan mendalam tentang pulau dari berbagai sudut.

Sensasi berlayar di atas laut luas dengan angin laut yang segar akan memberikan petualangan yang seru dan tak terlupakan.

Memancing Ikan

Dengan berlimpahnya ikan yang dapat ditemui di sekitar lokasi, Anda dapat memanfaatkannya untuk memancing. Namun, pastikan untuk membawa peralatan memancing dari rumah.

Anda dapat memilih spot mancing yang menurut Anda strategis dan nyaman untuk menunggu hasil tangkapan.

Menyantap Hidangan

Perlu dicatat bahwa Pulau Benggala Aceh Besar tidak dilengkapi dengan fasilitas apa pun, oleh karena itu Anda perlu membawa perlengkapan yang dibutuhkan dari rumah. Setelah memancing, Anda dapat mengolah hasil tangkapan langsung di atas pulau.

Anda dapat membawa peralatan masak, seperti kompor gas portabel, serta peralatan makan agar dapat menikmati hidangan dengan nyaman. Jangan lupa untuk membawa minuman segar agar dapat melepas dahaga Anda.

Tentunya, santap menyantap makanan akan menjadi pengalaman yang sangat nikmat ketika ditemani oleh panorama laut dan bebatuan vulkanik.

Berfoto

Momen unik dan istimewa ini patut Anda abadikan melalui foto-foto yang kemudian bisa diunggah dan dipamerkan di media sosial. Selain itu, Anda juga dapat berbagi pengalaman liburan melalui video atau vlog yang akan diunggah.

Terdapat banyak spot foto yang bisa Anda manfaatkan sebagai latar belakang, mulai dari bebatuan vulkanik, luasnya laut, hingga langit biru.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Kawasan wisata Pulau Benggala, sebuah pulau yang masih alami dan belum terpengaruh oleh aktivitas manusia, saat ini belum dilengkapi dengan fasilitas apapun. Hal ini disebabkan oleh kurangnya populasi penduduk di pulau tersebut.

Sebagian besar wilayahnya terdiri dari batuan, sehingga kurang cocok untuk dihuni atau dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Ketidakberadaan infrastruktur dasar seperti tempat tinggal, jalur transportasi, atau fasilitas publik lainnya telah memungkinkan Pulau Benggala menjaga keaslian dan keindahan alamnya.

Sebagai pulau terluar di bagian barat Indonesia, Pulau Benggala menawarkan beragam keunikan mulai dari bebatuan vulkanik hingga keanekaragaman hayati yang melimpah.

Ikuti tulisan menarik Ernawati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB