x

Iklan

Wendy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2024

Jumat, 15 Maret 2024 08:17 WIB

Daya Tarik Tersembunyi Pantai Teluk Tamiang Kotabaru, Kalimantan Selatan

Di sebelah ujung Kalimantan Selatan, khususnya di Kotabaru, terdapat daya tarik yang tersembunyi yaitu Pantai Teluk Tamiang. Meskipun lokasinya sedikit jauh dari pusat kota yang ramai, namun pantai ini selalu ramai dikunjungi setiap hari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di sebelah ujung Kalimantan Selatan, khususnya di Kotabaru, terdapat daya tarik yang tersembunyi yaitu Pantai Teluk Tamiang. Meskipun lokasinya sedikit jauh dari pusat kota yang ramai, namun pantai ini selalu ramai dikunjungi setiap hari.

Banyak yang belum menyadari bahwa Teluk Tamiang menampilkan keajaiban alam yang luar biasa, dengan pasir putihnya yang halus menyenangkan setiap langkah, dan airnya yang kristal jernih menawarkan kejernihan yang tak terduga.

Terlebih lagi, keberadaan terumbu karang yang masih terjaga alaminya memberikan nilai tambah bagi para penggemar laut. Pantai ini menjadi surga bagi mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tersedia berbagai aktivitas di sini, yang menambah daftar alasan untuk mengunjungi tempat ini. Dengan fasilitas yang lengkap, setiap momen di pantai eksotis ini dijamin akan menjadi pengalaman yang nyaman, berkesan, dan pastinya akan dikenang selamanya.

Pesona yang Disajikan oleh Pantai Teluk Tamiang

Destinasi wisata bahari ini menampilkan sejumlah pesona yang tidak lazim ditemukan di pantai-pantai lainnya. Berikut adalah daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini:

1. Pasir Putih yang lembut

Salah satu daya tarik utama dari Pantai Teluk Tamiang adalah keberadaan pasir putih yang halus. Tampaknya tidak semua pantai memiliki pasir berwarna putih, sehingga fenomena ini khusus terjadi hanya di sejumlah pantai tertentu.

Di Teluk Tamiang, pasirnya tidak hanya berwarna putih tetapi juga halus, membuatnya sangat cocok untuk bermain bagi anak-anak. Selain itu, kebersihan pasirnya dipertahankan dengan baik, sehingga jarang terdapat batu kecil di sekitarnya.

2. Air Berwarna Biru Jernih

Daya tarik kedua adalah kejernihan airnya yang memancarkan warna biru alami. Karena minimnya intervensi manusia, Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru tetap mempertahankan keindahan alaminya yang orisinal.

Airnya sangat jernih dan bersih, memungkinkan para pengunjung untuk menikmati berbagai aktivitas di pantai ini. Meskipun demikian, tetap perlu waspada terhadap datangnya ombak.

3. Terdapat Sebuah Gua

Ternyata di sekitar pantai terdapat sebuah gua bernama Gua Lowo, yang dikenal karena banyaknya kelelawar di dalamnya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi pengunjung yang merasa bosan di area pantai, mereka dapat mengunjungi gua tersebut dengan mudah karena jaraknya yang dekat dan hanya memerlukan perjalanan jalan kaki. Pastinya, pengunjung akan terkesan dengan keindahan gua tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Untuk mengunjungi pantai ini, pengunjung memiliki dua opsi rute. Pantai ini dapat diakses langsung dari Kotabaru atau melalui Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kedua akses tersebut memiliki rute yang berbeda.

Apabila memilih rute dari Kotabaru, pengunjung dapat menuju langsung ke Desa Teluk Tamiang. Perjalanan biasanya memakan waktu hingga 4 jam, namun jalannya cukup menantang karena terdapat sejumlah pasir di jalur tersebut.

Namun, jika pengunjung memilih untuk melakukan perjalanan dari Banjarmasin, mereka harus terlebih dahulu menuju Pelabuhan Batu Licin. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan, dan dari sana baru bisa melanjutkan ke pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Teluk Tamiang, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya parkir untuk kendaraan bila ada yang membawa.

Biaya parkir untuk sepeda motor adalah 3 ribu rupiah, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah. Tarif ini sangat terjangkau dan memberikan jaminan keamanan bagi kendaraan yang diparkir.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Di pantai tersebut, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan yang menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan:

Aktivitas Snorkelling

Bagi para penggemar snorkeling, Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru adalah pilihan yang sempurna. Terlebih lagi, masih banyak terumbu karang yang indah di perairannya, menyuguhkan pemandangan yang memukau.

Dengan tambahan air yang jernih, aktivitas ini akan menjadi lebih seru. Namun, penting untuk tetap waspada dan memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan aktivitas ini.

Melihat Sunrise dan Sunset di Pantai Teluk Tamiang

Melalui pantai yang indah ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset. Untuk menyaksikan sunrise, disarankan datang pada pagi hari, dimana pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit langsung dari arah pantai.

Sedangkan untuk menikmati sunset, disarankan datang pada sore hari. Momen melihat sunset di Pantai Teluk Tamiang pasti akan menjadi pengalaman yang sangat indah, meskipun terkadang tergantung pada kondisi cuaca.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

Penginapan

Jika ingin menikmati pantai di malam hari, pengunjung dapat menginap di penginapan yang telah disediakan oleh pihak pantai. Jarak antara penginapan dengan pantai juga tidak terlalu jauh.

Terdapat beberapa pilihan penginapan yang tersedia, dengan harga yang bervariasi. Oleh karena itu, pengunjung dapat memilih penginapan sesuai dengan budget mereka.

Mushala

Pantai ini juga menawarkan fasilitas musala bagi pengunjung yang ingin beribadah, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah sambil menikmati liburan di pantai. Dengan adanya fasilitas tersebut, waktu untuk beribadah tidak akan terlewat.

Musala yang disediakan sangat bersih dan nyaman, sehingga membuat pengalaman beribadah menjadi lebih nyaman. Di sini juga tersedia alat-alat ibadah seperti mukena dan sarung.

Area Parkir

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, disarankan untuk memarkirkannya di area yang telah disediakan. Di sana, terdapat petugas yang bertugas menjaga kendaraan pengunjung, sehingga kendaraan akan tetap aman selama masa liburan.

Petugas tersebut juga dikenal sebagai tenaga yang profesional dan ramah. Jika pengunjung ingin menitipkan kendaraan di area tersebut, akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis kendaraannya.

Demikianlah sekilas ulasan tentang Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Wendy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan