x

Iklan

Betalia Alvionita

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
Bergabung Sejak: 26 Maret 2024

Rabu, 27 Maret 2024 13:52 WIB

Mahasiswa PMM UMM Sosialisasi Tiktok Tiktok sabagai Sarana Pemasaran Homestay


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM-UMM)  merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM baik secara perorangan maupun berkelompok. Kegiatan PMM ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian UMM.

Selain itu, tujuan utamanya yaitu memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku di UMM dan peraturan perundang-undangan yang mengatur pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa.Kegiatan PMM ini dilaksanakan di Desa Oro-oro Kota Batu selama kurang lebih 1 bulan pada tanggal 19 Januari 2024 sampai 20 Februari 2024 oleh kelompok 29 Gelombang 07 yang beranggotakan Betalia Alvionita, Feysa Rami, Kafa Al Fahri dan Muhammad Aunur Rochman Arif dengan bimbingan oleh dosen pembimbing Bapak Frendy Aru Fantiro, M.Pd.

Dalam tahap pelaksanaannya, Kelompok 29 telah menginisiasi riset yang komprehensif dengan melakukan survei dan wawancara langsung kepada pemilik homestay dan pihak instansi di Desa Oro-oro Ombo. Melalui pendekatan door-to-door, Kelompok 29 mengumpulkan data dan menggali wawasan dari para pemangku kepentingan langsung. Selain itu, Kelompok 29 juga melakukan wawancara dengan berbagai instansi desa guna memahami perspektif mereka tentang kondisi dan potensi homestay di wilayah tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hasil dari serangkaian wawancara ini mengungkapkan bahwa Desa Oro-oro Ombo memiliki sekitar 200 homestay aktif, namun Kelompok 29 juga menemukan adanya kekurangan dan potensi yang perlu dikembangkan. Dari hasil interaksi langsung dengan pemilik homestay, Kelompok 29 memahami bahwa sebagian dari mereka telah memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran, meskipun masih banyak yang belum memanfaatkannya secara maksimal.

Bahkan, sebagian besar masih belum mengenal atau belum memahami potensi pemasaran melalui aplikasi TikTok. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan dalam pemanfaatan teknologi dan media sosial yang dapat menjadi peluang untuk ditingkatkan dalam upaya mempromosikan homestay mereka.

 

Ikuti tulisan menarik Betalia Alvionita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu