x

Iklan

Rini Antika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2024

Sabtu, 27 April 2024 14:18 WIB

Menyorot Peran Media Sosial pada Era Kini

Peran dan dampak positif/negara dari media sosial

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TREND MEDIA SOSIAL SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI DI ERA DIGITAL

Peran sosial media sangat penting di kehidupan yang semakin maju dan modern. Media sosial mempunyai dampak yang meluas di berbagai aspek kehidupan, ada beberapa peran utama media dalam kehidupan, seperti :

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

- sumber informasi

Sosial media merupakan sumber utama informasi bagi masyarakat. Melalui artikel , berita, dan program televisi, memberikan akses ke kepada orang-orang untuk mendapatkan berita terkini, informasi bisnis, laporan cuaca, dan masih bnyak lagi.

- pendidikan 

Berperan dalam pendidikan melalui program televisi pendidikan, aplikasi pembelajaran online atau platfrom kursus daring. Memberikan akses kepada individu untuk belajar secara mandiri di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

- hiburan 

Peran paling jelas dari sosial media adalah sebagai penyedia hiburan, seperti film, musik, serial televisi, dan digital lainnya yang menjadi sumber hiburan bagi banyak orang.

- interaksi sosial 

Media sosial dan platfrom komunikasi lainnya memudahkan untuk orang berinteraksi dan terhubung dengan teman, keluar, dan komunitas di seluruh dunia. Memfasilitasi pertukaran informasi, pembentukan hubungan, dan dukungan sosial.

- pengaruh budaya 

Memiliki pengaruh besar dalam membentuk budaya dan norma sosial. Melalui film, musik, program televisi, ini sangat mempengaruhi cara pandang perilaku masyarakat terhadap banyak hal, seperti gaya hidup dan nilai-nilai.

- Kepentingan Publik

Memiliki peran dalam memperjuangkan kepentingan publik dan memperkuat demokrasi. Dengan memberikan liputan tentang isu-isu politik, lingkungan, dan sosial, media membantu masyarakat untuk memahami masalah-masalah penting dan mempengaruhi proses pengambilan keputusan.

- Pengawasan dan Akuntabilitas

Media juga berperan sebagai pengawas terhadap kekuasaan dan lembaga-lembaga pemerintahan. Melalui jurnalisme investigatif dan liputan yang kritis, media membantu memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

dampak positif dan negatif dari pengaruh media pada zaman sekarang:

Dampak Positif media sosial dalam kehidupan sehari-hari adalah :

1. Akses Informasi

Memberikan akses yang luas terhadap informasi dari berbagai sumber. 

2. Pendidikan dan Pembelajaran

Dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif melalui platform seperti video pembelajaran, kursus online, dan aplikasi edukatif, yang memungkinkan pengguna untuk belajar kapan saja dan di mana saja.

3. Kesadaran Sosial 

Berperan penting dalam meningkatkan kesadaran tentang isu-isu sosial, seperti hak asasi manusia, lingkungan, dan kesetaraan gender, memobilisasi dukungan untuk perubahan positif.

4. Interaksi dan Komunikasi

Sangat penting bagi kita untuk berinteraksi dan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia, memperluas jaringan sosial, memfasilitasi pertukaran budaya, dan mendukung keterlibatan dalam komunitas online.

Dampak Negatif dari media sosial dalam kehidupan sehari-hari, adalah :

1. Penyebaran Informasi Palsu

Penyebaran informasi palsu dengan cepat, yang dapat memicu kebingungan, ketidakpercayaan, dan bahkan konflik sosial.

2 .Ketergantungan dan Gangguan

Penggunaan media yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan gangguan, mengganggu produktivitas, kesehatan mental, dan hubungan interpersonal.

3. Ketidakamanan Privasi: Media sosial sering kali melibatkan pengguna dalam pelanggaran privasi, seperti pencurian identitas, penyalahgunaan data pribadi, dan penipuan online.

Sehingga dengan keberadaan sosial media ini menjadi perhatian pemerintah dengan di keluarkan nya kebijakan tentang UU ITE. Yang salah satunya mengatur tentang perlindungan data pribadi. Seperti yang di atur pada pasal 310 KUHP dan pasal 27 ayat (3) UU ITE jo, yang berbunyi :

1. Barang siapa yang sengaja menyerang kehormatan dan nama baik seseorang yang bermaksud untuk di ketahui umum, dengan cara menuduh suatu hal, diancam karena pencemaran pidana penjara paling lama 9 bulan atau pidana denda paling bnyak 4,5 juta.

2. Jika seseorang melakukannya dengan tulisan atau gambar yng di siarkan, dipertunjukkan/ ditempel di tempat umum, maka di ancam Karena pencemaran tulisan dengan pidana penjara paling lama 1 tahun 4 bulan atau denda paling banyak 4,5 juta.

3. Selain itu yang udah di sebutkan PDA ayat 1 dan 2 , jika perbuatan itu dilakukan untuk kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri.

4. Polarisasi dan Radikalisasi: Media sering kali memperkuat polarisasi politik dan ideologis dengan algoritma yang memperkuat pemisahan dan ekstremisme, memperburuk konflik dan ketegangan dalam masyarakat.

Dengan menyadari baik dampak positif maupun negatif dari pengaruh media pada zaman sekarang, penting bagi individu untuk menggunakan media dengan bijak. Seharusnya sosial media ini digunakan untuk mengembangkan keterampilan kritis untuk mengevaluasi informasi, dan membatasi waktu yang dihabiskan di platform media untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan mental.

Ikuti tulisan menarik Rini Antika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB

Terkini

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB