x

Iklan

Futihatul Jannah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Desember 2023

Rabu, 8 Mei 2024 09:33 WIB

Siswa PKL SMK Kesehatan Amanah Husada Sosialisi Tanaman Toga kepada Siswa MTsN 9 Bantul

Keuntungan menggunakan tanaman toga selain sebagai obat murah, juga memiliki efek samping kecil dibanding obat kimia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari SMK Kesehatan Amanah Husada, Andrea Elang Ibrahim, Erlangga Bara Aulia, dan Khalishah Zahran Vilsa Nuraini, kenalkan tanaman obat keluarga (toga) kepada siswa MTsN 9 Bantul, Jumat (16/02/2024). Kegiatan ini berlangsung dijam Jumat Ceria atau Jumaria yang bertempat di Mushola MTsN 9 Bantul setelah menjalankan sholat dhuha. Mereka menyosialisasikan kepada siswa tentang beberapa jenis tanaman toga beserta manfaatnya.

Khalishah menjelaskan bahwa banyak tanaman obat disekitar lingkungan kita. Seperti daun sirih, jambu biji, sukun, randun, daun salam, tumbuhan kumis kucing, kemuning, pacar cina, daun kelor, dan masih banyak lagi. Salah satunya daun sirih yang berfungsi sebagai obat batuk, antiseptik, dan obat kumur. Dalam proses pengolahannya tidak sembarangan langsung dikonsumsi tetapi harus sesuai takaran agar tidak menjadi racun.

Erlangga mengungkapkan bahwa keuntungan menggunakan tanaman toga selain sebagai obat yang murah juga memiliki efek samping yang kecil dari pada obat kimia. Ia juga mengatakan bahwa unsur kimia yang terkandung dalam tanaman toga menjadi dasar pengobatan kedokteran modern.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Mari kita sama-sama membudidayakan tanaman toga di rumah kita,” kata Erlangga kepada siswa MTsN 9 Bantul.

 

Sinta Herahmawati, selaku guru pendamping siswa PKL mengatakan bahwa tujuan diadakan sosialisasi ini adalah untuk mengenalkan kepada siswa MTsN 9 Bantul tentang tanaman toga yang sering mereka jumpai. Oleh karena itu, diharapkan siswa dapat mengenal manfaat dan keguanan tanaman toga sehingga mau membudidayakannya di sekitar rumah mereka.

 

“Tanaman toga sering mereka jumpai tetapi banyak siswa yang tidak mengetahui manfaatnya,” tutur Sinta. (gas)

Ikuti tulisan menarik Futihatul Jannah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler