x

Sumber gambar : merdeka.com

Iklan

Futihatul Jannah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Desember 2023

Selasa, 14 Mei 2024 06:28 WIB

Memperkenalkan Ragam Makanan Khas Nusantara, Wujud Melestarikan Kearifan Lokal

Siswa/i MTsN 9 Bantul menggelar kegiatan unik, yakni mengenalkan aneka kuliner Nusantara.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Bantul (MTsN 9 Bantul)--Dalam rangka memperkenalkan dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia, sejumlah siswa dari kelas 8E MTsN 9 Bantul, menggelar kegiatan unik yang mempresentasikan ragam makanan khas dari luar Pulau Jawa, Kamis (22/02/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang keanekaragaman kuliner Nusantara kepada siswa-siswi MTsN 9 Bantul. Pada hari ini, sejumlah siswa dari kelas 8E MTsN 9 Bantul memperkenalkan berbagai hidangan khas dari pulau-pulau di luar Jawa, seperti Mie Aceh, Rendang, Sate Madura, dan masih banyak lagi. Setiap hidangan dipersembahkan dengan penjelasan tentang asal-usul, bahan-bahan utama, serta cara pengolahan yang khas dari daerah asalnya.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu siswa, Zainiko Khadafi, mengungkapkan, "Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai bagian dari upaya kami untuk memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia kepada teman-teman sejawat kami. Kami percaya bahwa dengan memahami dan menghargai makanan khas dari berbagai daerah, kita juga turut melestarikan kearifan lokal budaya Indonesia."

 

Kepala MTsN 9 Bantul, Siti Solichah, menyambut baik inisiatif yang diambil oleh para siswa. Beliau menyatakan, "Kegiatan seperti ini sangat penting untuk mengenalkan dan memperkaya pengetahuan siswa tentang keanekaragaman budaya Indonesia, termasuk melalui kuliner. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi siswa lainnya untuk turut serta dalam melestarikan kearifan lokal kita."

 

Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang tergerak untuk turut serta dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia, salah satunya melalui menjaga dan menghargai keberagaman kuliner Nusantara yang tak ternilai harganya. (asw)

Ikuti tulisan menarik Futihatul Jannah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu