x

Iklan

Heldi Prasetya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Maret 2022

Senin, 20 Mei 2024 11:44 WIB

Pembelajaran Seru Menggunakan Alat Peraga Uang Jaman Kolonial

Menciptakan pembelajaran IPS yang menyenankan dengan menggunakan alat peraga berupa uang lama.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pembelajaran yang menyenangkan ialah pembelajaran yang dapat membuat siswa-siswi termotivasi untuk belajar. Banyak berbagai cara dalam menciptakan suasana pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, tinggal bagaimana seorang guru menentukan cara, strategi, dan metodenya. 

Pentingnya menyelaraskan minat siswa dan bagaimana cara seorang guru dalam mengajar dan memberikan materi sebagai salah satu upaya transfer ilmu kepada siswa, bertujuan supaya siswa mendapatkan pengalaman belajarnya sendiri melalui apa yang ia lihat, sentuh, dan rasakan. Sebagaimana contoh penggunaan alat peraga yang dilakukan salah satu mahasiswa yang sedang praktik mengajar di SMP Negeri 12 Purworejo.

Pengguaan alat peraga berupa uang logam lama Republik Indonesia dan uang lama masa kolonial Belanda dan Jepang dalam mpelajara IPS bisa membuat siswa antusias. Bukan hanya uang logam saja namun ada juga replika uang kerta zaman kolonial dan masa awal kemerdekaan Indonesia yang dicetak menggunakan printer agar menambawah wawasan siswa. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mata pelajaran IPS yang dikenal membosankan akan materi yang banyak hafalan dan kurang diminati siswa apabila pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ceramah, namun dengan adanya alat peraga berupa uang logam tadi yang mana uang logam ini termasuk barang langka yang tidak semua orang memilikinya dan melihatnya.

Hal tersebut membuat siswa semakin penasaran dan meningkatkan rasa keingin tahuan siswa dalam pelaksanaan pembalajaran sehingga kegiatan di dalam kelas semakin aktif dengan adanya siswa yang bertanya akibat rasa keingintahuan mereka dengan hal baru yang ada dihadapanya.

Alat Peraga berupa uang logam dan replikas uang kertas zaman dahulu juga mempermudahkan guru dalam menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa seperti contohnya siswa kelas 9D yang sedang belajar materi kebijakan ekonomi masa awal kemerdekaan Indonesia yang membahas kebijakan gunting syafrudin. Dengan adanya alat peraga tadi siswa lebih paham akan bagimana proses atau kebijakan gunting syafrudin dilakukan.

Ikuti tulisan menarik Heldi Prasetya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler