x

KH Anwar Zahid saat menyampaikan ceramah

Iklan

Muhammad Rizal Firdaus

Content Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Sabtu, 1 Juni 2024 06:57 WIB

Rahasia Kiai Anwar Zahid Tetap Eksis Meski Banyak Da’i Muda Bermunculan

Tidak lekang oleh zaman, Kiai Anwar Zahid selalu ada dan berlipat ganda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

K.H. Anwar Zahid atau yang dikenal dengan Kiai Anwar Zahid adalah da’i kondang asal Bojonegoro Jawa Timur. Ia memulai kiprahnya sebagai da’I mulai tahun 2007 dan mulai booming mulai tahun 2011.

Terhitung sudah sudah lebih dari 18 tahun ia menyampaikan pesan dakwah dari satu panggung ke panggung yang lain sampai penjuru Nusantara bahkan mancanegara.

Keunikan gaya retorikanya yang khas membuat ia tidak lekang oleh zaman dan tak hilang ditelan bumi dan masih eksis hingga kini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Awal kemunculan sebagai da’i, Kiai Anwar Zahid dikenal lantaran ungkapan Kul hu ae lek, dari ungkapan tersebut yang membuat namanya melambung.

Meski dulu penyebaran video tidak semudah sekarang, ceramah Kiai Anwar Zahid tersebut dengan mudah tersebar kemana-mana.

Semenjak itulah banyak tawaran untuk mengisi tausiyah di berbagai acara. Bahkan tak jarang Kiai Anwar Zahid juga diminta mengisi ceramah di luar negeri.

Gaya ceramahnya yang ringan membuat audiens betah dan mudah menangkap apa isi ceramah yang disampaikan oleh da’i kelahiran Kanor, Bojonegoro ini.

Selain itu untuk menarik perhatian audien tidak jarang Kiai Anwar Zahid melempar sedikit humor untuk mencairkan suasana dan membuat audiens fokus pada apa yang disampaikan.

Selain dibumbuhi dengan humor, materi yang disampaikan olehnya juga relate dengan kehidupan masyarakat, sehingga penjelasannya mudah dicerna oleh audiens.

Keunikan lain dari gaya ceramah Kiai Anwar Zahid ialah banyak memberikan contoh atau kiasan sehingga materi yang disampaikan tidak terkesan menggurui. Lebih jauh lain ia tidak lupa menggunakan gaya retorika yang khas.

Banyak ucapannya yang mengandung rima sehingga enak didengar dan membuat audiens tidak berhenti untuk memperhatikannya karena penasaran dengan endingnya.

Namun kini banyak bermunculan da’I muda yang tidak kalah booming juga dengan gaya masing-masing, meski begitu nama Kiai Anwar Zahid tidak tergantikan di hati masyarakat.

Jika dilihat gaya ceramahnya kini berbeda dengan gaya ceramahnya dulu, jika dulu gaya komunikasi dakwahnya hanya satu arah. Kini ia berinovasi dengan memperbarui gaya ceramahnya dengan mengajak audiens untuk sepanggung dengannya.

Kini gaya ceramahnya banyak mengajak anak-anak untuk diajak berkomunikasi terkait dengan apa kemampuan yang dimilikinya, tidak sedikit anak-anak tersebut yang mampu mengocok perut audiens karena kepolosannya.

Dengan adanya inovasi ini membuat gaya dakwah Kiai Anwar Zahid tidak terkesan monoton lagi dan lebih segar, hal inilah yang membuat namanya tetap eksis hingga kini.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rizal Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler