Mahasiswa KKN Untag Surabaya Gelar kampanye Ubah Sampah Jadi Sedekah

Rabu, 12 Juni 2024 16:58 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Program KKN di Kelurahan Semolowaru RW 04 ini fokus pada pembangunan kesadaran dan praktik pengelolaan sampah plastik di masyarakat. Mahasiswa juga membuat program sedekah sampah. KKN ini berhasil menciptakan perubahan perilaku positif di kalangan warga.

Surabaya, 1 Juni 2024 – Kota Surabaya

Penilaian Bersama LPPM - Sumber : Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya menggelar kampanye lingkungan bertajuk #UbahSampahMenjadiSedekah di RW 04 Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemilahan sampah botol plastik demi lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Gerakan "Sedekah Sampah" pertama kali diinisiasi oleh Ananto Isworo di Masjid Al Muharam, Kampung Brajan, Yogyakarta. Ananto memulai gerakan ini pada 1 Ramadhan 1434 Hijriah (9 Juli 2013) dengan berkeliling menggunakan motor untuk mengumpulkan sampah dari rumah-rumah warga. Gerakan ini kemudian berkembang dengan melibatkan lebih banyak relawan, terutama remaja masjid, dan telah menginspirasi banyak orang untuk terlibat dalam pengelolaan sampah berbasis masjid. Gerakan ini bertujuan untuk mengubah perspektif masyarakat tentang sampah, dari yang hanya dianggap sebagai sesuatu yang harus dibuang menjadi sesuatu yang dapat dikelola dan bermanfaat. Gerakan "Sedekah Sampah" kini telah diterapkan di berbagai tempat ibadah, sekolah, dan komunitas lainnya di seluruh Indonesia

Kegiatan yang berlangsung selama 12 (dua belas) hari ini mendapat sambutan hangat dari warga setempat. Para mahasiswa KKN UNTAG Surabaya aktif mengadakan berbagai kegiatan edukatif dan praktis, seperti sosialisai dan pengenalan lebih lanjut tentang pemilahan sampah botol plastik. Mereka juga menyediakan tempat kotak sedekah sampah terpilah di titik strategis RW 04 Semolowaru Kota Surabaya untuk memudahkan warga dalam mempraktikkan pemilahan sampah.

"Kampanye ini merupakan upaya kami untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah botol plastik dengan baik. Dengan memilah sampah, kita tidak hanya menjaga kebersihan lingkungan tetapi juga bisa memberikan manfaat lebih, seperti daur ulang, penambahan kas bersama dan pengelolaan sampah menjadi barang berguna," ujar salah satu anggota sub kelompok 1 - Ratna Juwita D.A.

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya juga menggandeng beberapa pihak untuk mendukung kampanye ini, termasuk Pemerintah Kelurahan Semolowaru, sekolah paud setempat, bank sampah, Ibu-ibu PKK, dan beberapa organisasi masyarakat lainnya. Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan keberlanjutan program pemilahan sampah plastik di RW 04 Semolowaru Kota Surabaya.

"Kerja sama dengan berbagai pihak ini sangat penting agar program ini bisa terus berjalan meski masa KKN sudah berakhir. Kami berharap warga dapat terus mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dan menjadi agen perubahan di lingkungan masing-masing" tambah Ratna

Kampanye #UbahSampahMenjadiSedekah diharapkan dapat menjadi contoh bagi wilayah lain untuk mengimplementasikan program serupa, sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar dan peduli terhadap pengelolaan sampah plastik. Melalui langkah kecil ini, kita dapat mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

Praktik pengolahan pembuangan sampah - sumber dokumentasi pribadi

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ratna juwita Dian ananda

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler